Ads Top

5 Alasan Merindukan Gereja Besar (5)

Kita sudah mendengar 20 alasan mengapa kita harus merindukan gereja besar. Dua puluh alasan tersebut yaitu:

1.5 Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Gereja Besar (1)
2.5 Alasan Merindukan Gereja Besar (2)
3.5 ALASAN MERINDUKAN GEREJA BESAR (3)
4.5 ALASAN RINDU GEREJA BESAR (4)

Pada saat ini kita akan melihat kembali lima alasan berikutnya mengapa kita harus merindukan gereja besar:

1.    Kita harus memiliki gereja besar karena dalam sebuah gereja besar selalu ada kumpulan para wirausahawan yang akan dapat menolong jemaat-jemaat lainnnya.

Dalam sebuah gereja yang besar ada lebih banyak jemaat yang memiliki peran penting dalam menyediakan lapangan kerja bagi jemaat lainnya. Akan ada manfaat tambahan dalam sebuah gereja besar karena gereja itu memiliki kemampuan untuk menekan angka pengangguran dalam gereja itu.

Lihat Kis. 4:32-34

2.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena berbagai kebutuhan jemaat dapat terpenuhi melalui sebuah gereja besar.


Gereja/jemaat merupakan sekumpulan orang dengan berbagai kebutuhan. Jika ada seribu orang, maka ada seratus kebutuhan yang berbeda. Gereja besar dapat mengusahakan terpenuhinya berbagai kebutuhan yang beragam ini.

Jika ada sebuah gereja kecil dan seseorang membutuhkan nasihat seorang pengacara, kelihatannya orang tersebut tidak akan bisa menemukannya. Akan tetapi dalam sebuah gereja besar, kita dapat menemukan pengacara, dokter, insinyur, apoteker, psykiater, polisi, militer, anggota dewan dst.

Lihat Kis. 2:44-45

3.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena sebuah gereja besar dimungkinkan mencapi 25% kuota Alkitabiah dari jiwa-jiwa yang dimenangkan dari komunitas, Mat. 13:4-8

Mat 13:4  Pada waktu ia menabur, sebagian (25%) benih itu jatuh di pinggir jalan,... Mat 13:5  Sebagian (25%) jatuh di tanah yang berbatu-batu,... Mat 13:7  Sebagian lagi (25%) jatuh di tengah semak duri,... Mat 13:8  Dan sebagian (25%) jatuh di tanah yang baik lalu berbuah:...

Alkitab mengajarkan bahwa si penabur pergi menaburkan Firman Allah di sebuah kota. Hasilnya adalah seperempat (25%) dari benih-benihnya memberikan hasil yang baik

Jika kita memenangkan hanya seperempat dari kota kita bagi Kristus, itu berarti tidak akan ada lagi gereja yang tidak penuh. Kita harus terus berdoa dan melakukan sesuatu sehingga minimal 25 % penduduk kota Jakarta menjadi percaya kepada Kristus dan jika dibagi dengan sekian banyak gereja di kota Jakarta ini maka tidak akan ada lagi gereja yang jumlah keanggoataannya sedikit.
   
4.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena gereja besar akan menjadi kekuatan yang cukup dipandang dan menjadi bangsa di dalam sebuah bangsa.


Ketika gereja bertumbuh menjadi besar, maka gereja itu akan menjadi sebuah komunitas yang penuh kuasa. Bisa dikatakan gereja menjadi sebuah bangsa dari bangsa itu sendiri. Pemerintah pun mulai menyegani kuasa dan pengaruh dari sebuah gereja besar, tetapi sebaliknya gereja-gereja kecil akan dipandang rendah bahkan oleh RT sekalipun.

Pemerintah tahu bahwa gereja yang besar berarti banyak orang, yang artinya banyak suara. Para politisi menyegani kuasa dari massa. Mereka tahu bahwa opini terbanyaklah yang membuat mereka tetap berkuasa. Mereka tahu bahwa para gembala sanggup mempengaruhi pikiran jemaat. Hal-hal kecil mudah disepelekan, seperti Alkitab mengatakan: “Zakaria 4:10 - Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil.”

Para politisi tidak bisa lagi memandang rendah realita Kerajaan Allah jika Kerajaan Allah datang dalam jumlah yang besar. Mereka tidak bisa menyerang gereja-gereja jika mereka tahu bahwa jumlah jemaat itu besar. Itu sebabnya kita harus berdoa untuk sebuah gereja besar.

5.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena kemuliaan dari gereja akhir jaman lebih besar dari kemuliaan gereja mula-mula.

Hag 2:9  Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman TUHAN semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman TUHAN semesta alam."

Alkitab memberitahukan bahwa kemuliaan, yang berarti keindahan, dari gereja akhir jaman akan jauh melampaui kemuliaan yang sebelumnya dan kita sedang berada di akhir jaman.

Lihatlah apa yang sedang terjadi hari-hari ini, teknologi yang makin canggih: TV, HP, Transportasi udara, darat, laut. Semua ini menjurus kepada penggenapan nubuat kedatangan Tuhan Yesus pada kali ke dua yang mangatakan bahwa semua mata akan menyaksikanNya.

Ini berarti bahwa kita akan mendapati Kuasa Tuhan akan bekerja semakin hebat yang mengakibatkan akan ada banyak orang yang percaya kepada Tuhan Yesus menjelang kedatanganNya.

Dengan demikian semakin dimungkinkan gereja untuk bertumbuh dan bertambah, tetapi hanya gereja yang siap sedialah yang akan mengalami kemuliaan dari gereja akhir jaman.






Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang di Kebaktian Umum Pagi dan Malam hari Minggu, 02 November 2014
- Warta Gereja GSJA Kemuliaan Kebon Kosong Jakarta




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.