Ads Top

5 ALASAN RINDU GEREJA BESAR (4)



Kita sudah mendengar 15 alasan mengapa kita harus merindukan gereja besar:
1.5 Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Gereja Besar (1)
2.5 Alasan Merindukan Gereja Besar (2)
3.5 ALASAN MERINDUKAN GEREJA BESAR (3)
 
Pada saat ini kita akan melihat kembali lima alasan mengapa kita harus merindukan gereja besar:


1.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena pelayanan-pelayanan khusus yang menangani kebutuhan-kebutuhan khusus akan berkembang dalam sebuah gereja besar.

Kerinduan untuk memiliki gereja besar itu sangat penting, kita harus merindukan hal itu, karena gereja besar akan mengakibatkan pelipatgandaan dari banyak pelayanan, dan juga mengakibatkan pelipatgandaan dari beberap kegiatan penting di gereja.

Sebagai contoh, pada zaman gereja mula-mula ketika jumlah bilangan orang percaya masih sedikit, pelayanan khusus untuk orang-orang miskin dari kaum Yahudi yang berbahasa Yunani belum ada. Tetapi ketika gereja pada waktu itu menjadi besar maka pelayanan khusus untuk orang-orang miskin mulai dibentuk. Dan itu tidak ditangani oleh para rasul tetapi oleh orang-orang yang terpanggil dengan bidang itu, Kis. 6:1-4.

Contoh di gereja kita, pelipat gandaan tim pemuji.
Bayangkan kalau tim pemuji hanya satu tim, apa yang terjadi? Pasti pada akhirnya ada keletihan dari pihak tim pemuji, pelayanan pemuji dalam ibadah raya pasti terganggu. Tetapi sekarang karena gereja kita memiliki cukup tim pemuji hal-hal itu bisa dihindari.

Kalau gereja terus bertumbuh menjadi besar, gereja dimungkinkan untuk bertumbuh dalam berbagai bidang pelayanan yang khusus seperti  pelayanan kepada orang-orang miskin, para pengungsi, yatim piatu dsb. Kenapa? Karena gereja besar memiliki cukup banyak sumber daya dan dana. Sedengkan gereja kecil tidak akan bisa melakukan ini karena keterbatasan sumber daya dan dana.

Ketika gereja menjadi besar dan dapat terlibat dalam pelayanan khusus ini, maka banyak berkat sorgawi akan dicurahkan Allah bagi gereja itu. Lihat berkat yang tersedia bagi gereja yang melayani orang-orang miskin, Mzm. 41:1,2; Ams. 19:17.

Itu sebabnya kita harus merindukan sebuah gereja yang besar.

2.    Kita harus merindukan gereja besar, karena geraja besar merupakan bukti dari pelayanan kita, 2 Tim. 4:5

Banyak gembala, pengurus gereja dan pelayan Tuhan tidak melakukan bagian mereka seperti yang seharusnya. Kebanyakan mereka hanya menyentuh permukaan dari panggilan atau tugas yang dipercayakan kepada mereka. Tidak heran gereja tidak menjadi besar.

Gereja besar atau kecil merupakan bukti dari pelayanan kita sebagai gembala, pengurus dan pelayana di gereja lokal tersebut. Kalau kita semua sungguh-sungguh melakukan tugas yang dipercayakan bagi kita pasti gereja menjadi besar tetapi kalau kita hanya menyentuh bagian kulitnya saja maka pelayanan kita sukar untuk berkembang atau bertumbuh.

Itu sebabnya kita harus sungguh-sungguh merindukan sebuah gereja yang besar.
       
3.    Kita harus merindukan gereja besar karena dalam sebuah gereja yang besar ada banyak “orang-orang yang terkasih” (calon pasangan hidup).

Beberapa waktu lalu seseorang pernah berkata kepada saya, “Om, saya tidak datang karena saya sedang mencari pasangan hidup, soalnya digereja ini tidak ada yang cocok dengan saya.” Dan akhirnya dia menemukan pasangan hidupnya dan kemudian tidak lagi bergereja di tempat ini.

Kalau gereja bertumbuh menjadi besar maka gereja kita tidak akan kekurangan sumber keuangan dan daya tetapi juga tidak akan kekuarang calon pasangan hidup.

4.    Kita harus merindukan sebuah gereja besar karena dalam sebuah gereja besar akan ada lebih banyak pemberkatan dan resepsi nikah.


Orang-orang suka melangsungkan pemberkatan nikah mereka di gereja. Pernikahan dan resepsi nikah adalah berkat yang mendatangkan sukacita bagi seluruh jemaat di satu gereja lokal.

Jemaat selalu suka mendengar pengumuman pemberkatan pernikahan. Jemaat yang belum menikah bersemangat dan berharap serta berdoa bahwa giliran mereka akan segera tiba. Orang tua yang anaknya belum menikah berharap suatu hari anak mereka menemukan pasangan hidupnya kemudian deberkati di gereja dan melangsungkan resepsi nikah sebagai tanda suka cita.

Gereja akan menikmati lebih banyak suka cita dari pasangan-pasangan yang melangsungkan pemberkatan dan resepsi nikah jika banyak pasangan yang menikah. Dan gereja akan sering melaksanakan pemberkatan nikah kalau gereja itu besar. Tetapi kalau gereja kecil makan pemberkatan dan resepsi nikan akan jarang terjadi. Itu sebabnya kita harus merindukan gereja besar.

5.    Kita harus merindukan sebuah gereja besar karena ada lebih banyak hubungan dan koneksi lewat orang-orang lain, Gal. 6:10

Semakin besar gereja, semakin banyak hubungan dan koneksi yang terjadi. Mari kita lihat, banyak hal yang terjadi di dunia ini yang bergantung pada “siapa yang kita kenal.” Dalam dunia marketing, daftar nama merupakan harta karun. Bayangkan kalau dia bergerja di gereja yang besar dan setia di sana, maka dima memiliki banyak orang untuk dia memasarkan produknya.

Seseorang bisa mendapatkan terobosan hanya karena dia berjemaat di sebuah gereja tertentu. Seseorang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan kalau dia punya hubungan dan koneksi. Gereja bisa gampang mendapatkan ijin mendirikan bangunan kalau punya hubungan dan koneksi

Gereja bisa gampang mendapatkan ijin mendirikan bangunan kalau punya hubungan dan koneksi. Musa langsung berkomunikasi dengan Firaun karena ada hubungan dan koneksi walau dia sudah lama tinggalkan Mesir.

Gereja bisa dengan mudah mendapatkan dana kalau ada hubungan dan koneksi. Ini dimungkinkan kalau gereja itu bertumbuh menjadi besar.

Kesimpulan: 

Jadi 5 alasan berikutnya, mengapa kita harus merindukan gereja besar adalah:
1.    Kita harus memiliki sebuah gereja besar karena pelayanan-pelayanan khusus yang menangani kebutuhan-kebutuhan khusus akan berkembang dalam sebuah gereja besar.
2.    Kita harus merindukan gereja besar, karena geraja besar merupakan bukti dari pelayanan kita,
3.    Kita harus merindukan gereja besar karena dalam sebuah gereja yang besar ada banyak “orang-orang yang terkasih” (calon pasangan hidup).
4.    Kita harus merindukan sebuah gereja besar karena dalam sebuah gereja besar akan ada lebih banyak pemberkatan dan resepsi nikah.
5.    Kita harus merindukan sebuah gereja besar karena ada lebih banyak hubungan dan koneksi lewat orang-orang lain.



Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang di Kebaktian Umum Pagi dan Malam pada hari Minggu, 19 Oktober 2014
- Warta Gereja GSJA Kemuliaan Kebon Kosong Jakarta


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.