Ads Top

Gunakan Waktu Untuk Melayani Tuhan


Teks Pembacaan: Efesus  5 : 15-20. 

Apakah yang terpenting dari hidup manusia? Yang terpenting dan tertinggi dari hidup manusia adalah memuliakan Tuhan dan menikmatinya selama-lamanya.

Dalam firman Tuhan dari Ef 5 : 15-20 tersebut diatas kita diingatkan : “Bahwa kita harus mempergunakan waktu yang ada karena hari ini adalah jahat (16). 

Dan jika waktu kita gunakan dengan baik maka kita dapat menyediakan waktu bagi diri sendiri, keluarga, sahabat, pekerjaan, gereja dan diatas segalanya adalah bagi bagi Allah Pencipta dan Penyelamat kita.

Dalam menggunakan waktu yang ada ini ada beberapa bentuk pelayanan yang dapat kita berikan kepada Allah.

I.    MELAYANI DAN BERKORBAN UNTUK TUHAN

Kita mengatakan kasih kepada sesama melalui pelayanan.
Gal 5 : 13. “Saudara-saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka tetapi janganlah kamu mempergunakan  kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih”
   
Dalam pelayanan itu banyak pengorbanan
Simon dan Andreas bersaudara sedang bekerja dipanggil untuk melayani .
Mark :    17 “Jesus berkatan kepada mereka : Mari ikutlah Aku dan   kamu akan kujadikan penjala manusia.
Mark :    18 “Lalu merekapun segera meninggalkan jalaNya dan ikut Dia.

Jakobus dan Johannes bersaudara dipanggil juga untuk melayani .
20.    “Jesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya Zebedeus di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikut Dia”.

Simon dan Andreas, begitu juga Jakobus dan Johanes dalam melayani Tuhan mereka berkorban. Pekerjaannya ditinggalkan hanya untuk melayani Tuhan. Ini resiko pelayanan.

Seorang penginjil besar Amerika : Billy Graham berkata : “Untuk menerima Kristus sebagai Tuhan dan Jemaat tidak perlu biaya, untuk mengikut Kristus perlu ada pengorbanan dan untuk melayani Kristus mengorbankan segala sesuatu”. Untuk masuk dalam kerajaan sorga perlu ada pengorbanan.

Pemimpin dari Graduate School of Psychology dari Fuller Theologycal Semenary di Pasadena : Archibold D Hart beri ungkapan. “Memang tidak ada pemberian yang murah dalam kerajaan Allah”

II.    KITA DIPERINTAHKAN UNTUK MEMBERITAKAN INJIL

Utamakan tugas anda
Mat 28 : 19-20. 19) Sebab itu pergilan jadikan segala bangsa muridku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. 20) Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai ke akhir zaman”.

Pertanyaan sekarang ialah kapan akan memulai? Anda berusia 6 Tahun atau 16 tahun ataupun 60 tahun, sisa hidup kita ada ditangan Tuhan tapi anda harus berbuat sejak sekarang ini. Anda tidak bisa merobah satu detikpun dari hari kemarin, tapi anda dapat lakukan sesuatu sekarang juga untuk mengubah masa depan anda.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu sekarang juga tidak perlu menunggu.

Masa kecil, masa remaja, masa muda dan masa tua adalah kesempatan kepada kita untuk berkarya bagi Tuhan.

Tiger Wood pemain ternama dunia saat usia 3 tahun menjadi juara dalam pertandingan golf di kampungnya Cypress California (USA).

Ichijirow Araya, usia 100 tahun saat mendaki gunung Fuji sampai kepuncaknya.

Kesaksian Rasul Paulus menjadi motivasi bagi kita untuk memberitakan Injil.
Kis 20 : 24. “Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepada ku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

Banyak orang percaya kuatir melayani dan memberitakan Injil. Takut tidak makan hidupnya membayangi pikirannya. Sebab itu singkirkan  kuatirmu sebelum kamu disingkirkan kuatir itu sendiri. Mintalah keberanian untuk melayani seperti Rasul Paulus.

“ Tetapi sekarang sebagai tawanan Ruh aku pergi ke Jerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku disitu. Selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kata ke kata kepadaku bahwa penjara dan sengsara menunggu aku (Kis 20 : 22 – 23).

Dr. Edward Podolsky dalam bukunya : “Stop Worrying and get well” berkata : Berbagai penyakit disebabkan oleh kekawatiran menyebabkan jantung, darah tinggi, rematik, maag, sakit kepala (Migrain).

Dr. Frank Minorth : Ada penyakit di AS tidak dapat lagi diobati secara medis dianjurkan terapi pengobatan dengan bergembira, olahraga dan percaya kepada Tuhan. Ini berarti kembali kepada apa yang ada dalam hati dan pikiran kita, artinya apa yang anda pikirkan demikianlah anda (You are what you think).

III.    TUGAS MENANTI ANDA

Ada batas waktu bekerja bagi setiap manusia.
Joh 9 : 4. “kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus aku selama hari masih siang, akan datang malam dimana tidak seorangpun yang dapat bekerja.
Kita bekerja untuk Tuhan selama masih kuat sebab sebentar lagi kita akan menjadi lemah.
Kita bekerja untuk Tuhan selagi aktif karena sebentar akan purna tugas dan hasilnya tidak masksimal.
Kita bekerja selagi diberkati pekerjaan dan usaha sebab kalau tidak berpunya lagi kita terbatas dalam memberi dan dikenal orang.
Kita bekerja selagi “Top”. Anda berkata : Siap pak kami akan datang ke gereja. Kalau tidak ada lagi jabatan anak buah tidak perduli lagi sama anda.

Tuaian sudah menguning tinggal kita tuai.
Joh 4 : 35. Bukankah kamu mengatakan : Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi aku berkata kepadamu, lihatlah sekelilingmu dan pandanglah lahan-lahan yang sudah menguning dan matang untuk dituai.

Tuaian memang banyak dibutuhkan banyak pekerja.
Luk 10 : 2 “Katanya kepada mereka, tuaian memang banyak tapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya Tuaian supaya ia mengizinkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu”.



Sumber:
- Khotbah Pdt. JR Simanjuntak, M.A dalam Kebaktian Umum GSJA Kemuliaan Kebon Kosong pada hari Minggu, 10 Agustus 2014
- Warta Komsel GSJA Kemuliaan Kebon Kosong.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.