Ads Top

Roh Kudus Membuat Gereja Tuhan Menjadi Saksi Yang Efektif

Teks Pembacaan: Kisah Para Rasul 1:8.

Kitab Kisah Para Rasul secara khusus membahas mengenai karya Roh Kudusyang mebuat gereja Tuhan menjadi saksi yang efektif.

Jika kita mempelajari kitab ini betapa kita menyadari bahwa tanpa karya Roh Kudus gereja sama sekali tidak bisa berfungsi seperti yang Tuhan Yesus kehendaki. Itu sebabnya Yesus Tuhan mengatakan “Adalah lebih berguna jika Aku pergi.”

Bagaimana  Roh Kudus  membuat gereja Tuhan menjadi saksi yang efektif?

1.    Roh Kudus akan menolong kita mengenali atau mengetahui apakah seseorang berdusta atau tidak melalui penghukuman, Kis. 5:1-11. 

Petrus oleh pertolongan Roh Kudus dimampukan untuk mengenali bahwa Ananias dan Safira telah berbohong dan mencobai Roh Kudus. Sebagai akibatnya kedua suami istri itu mati dihadapan orang banyak.

Itu mengakibatkan rasa takut dan hormat kepada Tuhan baik diantara orang percaya dan juga dantara orang tidak percaya. Hal ini membuat para murid menjadi saksi yang sangat efektif.
Orang percaya pada masa kini juga dimungkinkan mengalami hal yang sama supaya menjadi saksi yang efektif.

2.    Roh Kudus membuat rasul-rasul mengalami perbuatan ajaib, Kis. 5:17-20

Pengalaman Petrus dan Yohanes, Kis. 5:17-25. Kerena terus memberitakan Injil, akhirnya mereka ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara, tetapi malaikat Tuhan datang dan membuka pintu penjara dan membawa para rasul keluar penjara. Ketika mereka akan disidang pada keesokan harinya penjaga tidak menemukan rasul-rasul di dalam penjara, padahal pintu penjara dalam keadaan terkunci.

Pengalaman Filipus, Kis.8:39-40. Filipus oleh kuasa Roh Kudus melakukan perbuatan ajaib, Kis. 8:5-8. Filipus mengalamai perbuatan ajaib – Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus setelah selesai menginjil dan membaptis sida-sida dari Etopia.

Pengalaman Saulus yang lepas dari rencana pembunuhan utk kali pertama, Kis. 9:23-25 .
Pengalaman Petrus yang dilepaskan dari penjara, Kis. 12:1-9.
Pengalaman Paulus yang bebas dari Penjara, Kis. 16:19-40.
Pengalaman Paulus yang terlepas dari rencana pembunuhan yang kedua, Kis. 23:12-22
Pengalaman Paulus yang digigit ular yang sangat berbisa tetapi tidak mati, Kis. 28:1-6

Allah Roh Kudus akan menolong kita untuk mengalami perbuatan-perbuatan yang ajaib sehingga mendatangkan hormat dan kemuliaan bagi Allah dan dengan jalan itu kita akan menjadi saksi yang efektif dan banyak jiwa yang akan dimenangkan dan diteguhkan bagi kerajaan Allah

Kesimpulan:

Jadi hari ini kita telah belajar dua hal tentang Roh Kudus membuat gereja Tuhan menjadi saksi yang efektif:
1.    Roh Kudus akan menolong kita mengenali atau mengetahui apakah seseorang berdusta atau tidak melalui penghukuman, Kis. 5:1-11
2.    Roh Kudus membuat rasul-rasul dan kita untuk mengalami perbuatan ajaib, Kis. 5:17-20




Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam Kebaktian Umum GSJA Kemuliaan Kebon Kosong pada hari Minggu, 22 Juni 2014.
- Warta Komsel GSJA Kemuliaan Kebon Kosong.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.