Ads Top

Mengapa Dibaptis Roh Kudus? (Bag.1)

Teks Pembacaan: KISAH 1:6-8; 12-14; 2:1-13.

Hari ini gereja Tuhan memperingati hari ketuangan Roh Kudus setelah para murid menantikan selama 10 hari dan pada hari yg ke 10 Roh Kudus dicurahkan dan para murid dibaptis dengan Roh Kudus. Ketika para murid dibaptis, mereka mulai berkata-kata dalam bahasa yang diberikan oleh Roh Kudus kepada mereka.

Baptisan Roh Kudus merupakan janji Bapa kepada orang percaya. Itu sebabnya Tuhan Yesus mengatakan “Adalah lebih berguna jika Ia pergi” supaya Penghibur atau Roh Kudus itu akan datang.

Yesus mengatakan bahwa para murid harus dibaptis dengan Roh Kudus supaya dapat menjadi saksi di Yerusalem, seluruh Yudea, Samaria dan sampai ujung bumi.

Setelah para murid dibaptis, sungguh janji Allah digenapi, mereka dapat menjadi saksi yang sangat efektif.

Bagaimana para murid setelah dibaptis oleh Roh Kudus dapat menjadi saksi yang efektif?

I. Para murid memiliki keberanian untuk memberitakan siapa Yesus dihadapan orang-orang Yahudi lainnya.
1.    Pada peristiwa dicurahkannya Roh Kudus, karena berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang diberikan oleh Roh kepada para murid, orang-orang menyindir mereka bahwa mereka sedang mabuk oleh anggur, Kis. 2:12. Tetapi Petrus yang sebelum dibaptis oleh Roh Kudus merupakan seoarang pengecut dan setelah ia dibaptis oleh Roh Kudus memiliki keberanian untuk berkhotbah dengan penuh keberanian, Kis. 2:14 dst.

2.    Ketika Petrus dan Yohanes ditangkap dan ditanya oleh pemimpin-pemimpin orang Yahudi, dengan keberanian Petrus menjawab mereka, Kis. 4:5-8.

3.    Ketika diancam supaya tidak memberitakan injil, Petrus dengan berani dan tegas mengatakan bahwa ia lebih taat kepada Allah, Kis. 4:16-22.

4.    Untuk itu, pastikan kita telah mengalami pengalaman baptisan Roh Kudus yang membuat kita menjadi saksi yang efektif dengan berani utk memberitakan Firman Allah.

II.    Para murid memberitakan Firman Allah dengan penuh kuasa.

1.    Ini dapat dilihat dari khotbah Petrus pada hari pentakosta, para pendengar merespon Firman Tuhan dan ada 3000 orang yang percaya, Kis 2:14, 37-41.

2.    Karena Firman Tuhan disampaikan dengan kuasa, maka 5000 orang menjadi percaya, Kis. 3:11-12, 4:4.

3.    kita harus berdoa supaya setiap kali kita menyampaikan FA, disampaikan dengan kuasa.

III.    Para murid melakukan perbuatan-perbuatan mujijat.

1.    Petrus menyembuhkan orang lumpuh, Kis. 3:1-10
2.    Petrus menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati, Kis. 9:32-43
3.    kita harus berdoa supaya setiap kita deperkenankan Tuhan utk melakukan perbuatan2 ajaib.

Kesimpulan:

Jadi ada 2 alasan mengapa kita harus dibaptis Roh kudus :
1.    Baptisan Roh Kudus merupakan janji Bapa kepada orang percaya. Itu sebabnya Tuhan Yesus mengatakan “Adalah lebih berguna jika Ia pergi” supaya Penghibur atau Roh Kudus itu akan datang.
2.    Yesus mengatakan bahwa para murid harus dibaptis dengan Roh Kudus supaya dapat menjadi saksi di Yerusalem, seluruh Yudea, Samaria dan sampai ujung bumi dengan efektif.



Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam Kebaktian Umum GSJA Kemuliaan Kebon Kosong pada hari Minggu, 08 Juni 2014.
- Warta Komsel GSJA Kemuliaan Kebon Kosong.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.