Ads Top

Kenaikan Kristus Dan Roh Kudus

Teks Pembacaan: Yohanes 16:7-11; Kis. 1:4-11.

Perkataan Tuhan Yesus di dalam Yoh. 16:7-11 dikatakan sebelum Yesus mati di kayu salib. Di sini Yesus mengatakan bahwa Ia akan pergi kepada Bapa yang telah mengutus Yesus dan itu lebih berguna bagi kepentingan para murid dan gerejaNya pada masa kini. Kalau Yesus pergi maka Penghibur (Roh Kudus) akan datang tetapi jika Yesus tidak pergi maka Penghibur tidak akan datang.

Di dalam Kis 1:4-11 dikatakan oleh Yesus setelah Yesus bangkit dari antrara orang mati dan akan terangkat ke sorga. Di sini Yesus mengatakan bahwa para murid harus menantikan janji Bapa di Yerusalem itulah tentang diutusnya Roh Kudus bagi para murid dan gereja Tuhan.

Kenaikan Kristus ke sorga menandakan selesainya karya penyelamatan umat manusia (diawalai dengan kelahiran Yesus, kemudian penderitaan dan kematian di Kayu Salib, selanjutnya kebangkitan Yesus dari kematian dan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga) dan dimulainya era karya Roh Kudus.

Kita akan merenungkan bersama mengenai karya Roh Kudus bagi dunia dan gereja Tuhan:

1. Karya Roh Kudus bagi dunia,  Yoh. 16:8.

Roh Kudus menginsafkan dunia akan dosa – dosa ketidakpercayaan mereka terhadap Tuhan Yesus.

Roh Kudus menginsafkan dunia akan kebenaran – kebenaran tentang Yesus pergi kepada Bapa dan para murid tidak lagi melihat Yesus secara fisik.

Roh Kudus menginsafkan dunia akan penghakiman – penghakiman tentang penguasa dunia yang telah dihukum.

Karya Roh kudus terhadap dunia ini, hari-hari ini semakin nyata. Ada banyak orang yang tidak percaya kemudian insaf akan dosa ketidakpercayaan mereka terhadap Tuhan Yesus dan kemudian menjadi percaya.

Yang harus kita kerjakan adalah terus berdoa supaya karya Roh Kudus ini akan semakin nyata lagi bagi orang-orang yang belum percaya. Tadinya mereka mengeraskan hati menjadi percaya dan menerima  Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.

II. Karya Roh Kudus bagi orang percaya.

1. Memimpin orang percaya kedalam seluruh kebenaran, Yoh. 16:13.

Roh Kudus akan menolong orang percaya mengalami kebenaran Firman Allah.  Contoh: Yesus yang penuh dengan Roh Kudus, dibawa ke padang gurun untuk dicobai oleh Iblis, Luk. 4:1. Tidak ada kemenangan tanpa pencobaan. Itu sebabnya Yesus dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Kebenaran tentang menang dalam pencobaan dialami oleh Yesus. 
Roh Kudus juga akan mengerjakan hal yang sama bagi orang percaya, Roh Kudus akan memimpin orang percaya untuk semakin kaya dalam pengalaman Firman Allah.

2. Roh Kudus menanggulangi perasaan yatim piatu di dalam diri kita, Yoh. 14:18

Perasaan yatim piatu yaitu perasaan yang menyatakan bahwa tidak ada yang peduli, memperhatikan kita, tidak ada yang menaungi, tidak ada yang menolong kita, bahwa orang yang bisa melindungi seperti orang tua tidak beserta dengan kita.

Para murid mengalami itu ketika Yesus ditangkap dan dihukum mati di kayu salib dan ketika Yesus terangkat ke sorga. Itu sebabnya Yesus Tuhan mengatakan bahwa para murid tidak ditinggalkan sebagai yatim piatu sekalipun Yesus nantinya terangkat ke sorga.

Bagaimana Yesus melakukan hal itu? Itulah dengan mengutus Roh Kudus. Roh Kudus akan tinggal bersama dengan murid dan menyingkirkan perasaan yatim piatu teresebut dari kehidupan para murid.
Sekiranya ada diantara kita yang merasa yatim piatu, berserulah kepada Pribadi Roh Kudus di dalam nama Tuhan Yesus dan minta supaya perasaan itu disingkirkan dari kehidupan kita.

3. Roh Kudus akan meneguhkan kita bahwa Bapa di dalam Yesus dan kita di dalam Yesus dan Yesus di dalam kita atau meneguhkan kita bahwa Tuhan Yesus menyertai kita, Yoh. 14:16-17,19-20

Bagaimana seseorang bisa yakin akan penyertaan Allah di dalam kehidupannya? Itu merupakan pekerjaan Roh Kudus di dalam hati kita.

Roh Kudus membuat kita yakin bahwa Allah senantiasa bersama dengan kita dan tidak pernah meninggalkan kita.

Keyakinan yang dikerjakan oleh Roh Kudus ini di dalam hati kita bahwa Allah beserta kita, membuat kita tidak takut kemanapun kita pergi melangkahkan kaki kita.

Keyakinan ini membuat kita memiliki percaya diri yang kuat untuk menolak rasa minder ketika kita berada diantara orang-orang yang lebih hebat menurut ukuaran duniawi. Itulah yang terjadi dengan Petrus – ia tidak minder berhadapan dengan orang-orang Yahudi di Yerusalem walaupun ia berasal dari Galilea.

Keyakinan yang dikerjakan oleh Roh Kudus bahwa Allah menyertai kita membuat kita tidak takut akan masa depan kita. Kita percaya bahwa Allah memberikan masa depan yang baik kepada kita, walaupun sesungguhnya kita tidak tahu bagaimana Allah akan melakukan itu bagi kita, Yer. 29:11

Keyakinan yang dikerjakan oleh Roh Kudus di dalam hati kita bahwa Allah menyertai kita membuat kita mau berkorban dalam melayani Tuhan, anak-anak Tuhan mau mengambil keputusan untuk pergi menjadi missioanaris, membuka gereja baru dan yakin bahwa apa yang perbuat pasti tidak sia-sia dan Tuhan Yesus pasti memberkati.

Kesimpulan :

Kenaikan Kristus sangalah erat kaitannya dengan Roh Kudus, sebab ketika Yesus naik kesorga, apa yang pernah dijanjikan-Nya tentang Roh Kudus benar-benar digenapi. Dan Roh Kudus berkarya atas:
1.    Roh Kudus berkarya bagi dunia
2.    Roh kudus berkarya buat orang percaya






Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam Kebaktian Umum GSJA Kemuliaan Kebon Kosong pada hari Minggu, 01 Juni 2014.
- Warta Komsel GSJA Kemuliaan Kebon Kosong.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.