Ads Top

Kepada Siapa Yesus Menampakkan Diri?

Setiap hal yang tertulis di dalam Alkitab memberikan arti tersendiri. Seperti nama, angka, tempat, binatang dst. Contoh – nama: Simon menjadi Petrus, Saulus menjadi Paulus, Yakub menjadi Israel.

Karena setiap hal yang tertulis di dalam Alkitab memberi arti tersendiri, maka ketika Yesus bangkit dari antara orang mati, kemudian Ia menampakkan diri kepada orang-orang tertentu, juga memiliki pesan tersendiri.

Berikut ini adalah orang-orang yang kepadanya Yesus menampkkan diri dan pesan rohani bagi kita pada masa kini:

1. Maria Magdalena

Siapa Maria Magdalena? Ia adalah seorang yang telah mengalami pertolongan Tuhan Yesus dengan mengusir tujuh tujuh setan dari tubuhnya. Maria Magdalena adalah seorang yang setelah mengalami pertolongan Tuhan Yesus, kemudian melayani Tuhan Yesus dengan kekayaannya, Luk. 8:1-3.

Dan ketika Yesus di serahkan oleh Pilatus untuk di salibkan sampai ke tempat dimana Yesus disalibkan, Maria Magdalena mengikut Yesus, Mrk. 15:40. Maria Magdalena mengetahui dimana Yesus dibaringkan, Mrk. 15:47. Pada hari ke 3 waktu Yesus dibangkitkan, Maria Magdalena dan Maria Ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk meminyaki Yesus. Pada waktu Yesus bangkit dari antara orang mati, Yesus mula-mula menampakkan diri kepada Mari, Mrk. 16:9; Yoh. 10:11-18.

Melihat yang telah dialami oleh Maria, mengakibatkan ia tetap setia mengiring Yesus, sekalipun Yesus menderita, mati di Kayu Salib dan dikuburkan yang memberi kesan bahwa Yesus sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi, tetapi Maria tetap loyal kepada Yesus bahkan masih membeli rempah-rempah untuk meminyaki Yesus.  Itu sebabnya Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena.

2. Kepada ke dua murid Yesus yang pergi dari Yerusalem menuju ke Emaus, Luk. 24:13-35.

Kedua murid ini dalam mengiring Yesus memiliki tujuan tersendiri, mereka tidak mengerti maksud Yesus, ay. 21.

Mereka kecewa karena ternyata juga Yesus ditangkap, diadili dan dihuku mati dengan disalibkan dan dikuburkan, ay, ay. 17, 19-20.

Mereka tidak percaya bahwa Yesus sudah bangkit walau mereka sudah mendengar tentang kebangkitan Yesus, ay. 22-24.

Kepada orang seperti ini juga Yesus menampakkan diri – pertama untuk menegur (ay. 25), kedua untuk mengingatkan dan menguatkan serta menyatakan bahwa Yesus tetap bersama mereka yang dilambangkan dengan mereka makan bersama, datang dan lenyap tiba-tiba, ay. 15, 31,32.

Kepada orang seperti Kleopas pun Tuhan Yesus mau menampakkan diri. Kalau ada diantara kita atau anggota keluarga kita yang kecewa dalam pengiringannya kepada Tuhan, kepada orang seperti itu pun Tuhan menampakkan diri untuk memberi dorongan, sukacita dan peneguhan.

3. Kepada murid-murid tanpa Tomas, Yoh 20:19-23.

Pada waktu Yesus menampakkan diri, murid-murid sedang berada di suatu tempat dengan pintu yang terkunci karena takut.

Dan kemudian Yesus berdiri ditengah-tengah mereka dan berkata “Damai sejahtera bagi kamu.”
Pelajaran yang kita bisa ambil dari bagian ini adalah bahwa Yesus mengetahui ketakutan dan penyebab ketakutan kita, dan Ia mau datang kepada kita untuk mengusir ketakutan itu dari dalam hati kita.

4. Tuhan Yesus menampakkan diri kepada Saulus, Kis. 9:1-5

Siapa Saulus? Ia seorang yang menganiaya pengikut Kristus. Ia turut menyaksikan dan menyutujui supaya Stefanus dibunuh karena ia bersaksi tentang Yesus, Kis. 8:1-3; 9:1-2

Tuhan Yesus menampakkan diri kepada Saulus pada saat ia sedang melakukan niat utk pergi menangkap pengikut Kristus, Kis. 9:3-6

Ini menjelaskan bahwa kepada seorang yang membenci Kristus dan pengikutNya, Tuhan Yesus mau menampakkan diriNya. Berarti seorang yang membenci Yesus dan pengikutNya, Tuhan Yesus tetap mengasihi. Biar ini menjadi pelajaran bagi kita juga.

Kesimpulan :

Saat Yesus menunjukkan bahwa Dia benar Anak Allah yang hidup yang tidak dapat dikuasai oleh maut, dengan dibuktikan saat Dia bangkit dari kubur,  maka Ia menampakkan diri kepada :
1.    Maria Magdalena
2.    Kepada ke dua murid Yesus yang pergi dari Yerusalem menuju ke Emaus, Luk. 24:13-35
3.    Kepada murid-murid tanpa Tomas, Yoh 20:19-23
4.    Tuhan Yesus menampakkan diri kepada Saulus, Kis. 9:1-5



Sumber:
- Khotbah Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam Kebaktian Umum GSJA Kemuliaan Kebon Kosong pada hari Minggu, 27 April 2014 dan 18 Mei 2014.
- Warta Komsel GSJA Kemuliaan Kebon Kosong.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.