Ads Top

 http://katolisitas.org/wp-content/uploads/2010/02/yesus-dicobai-400x300.jpg




Matius 4:1-11



Dalam pembacaan ini kita lihat bahwa Yesus yang disebut juga sebagai Anak Allah mengalami pencobaan dari Iblis.

Jenis pencobaan pertama yang dilancarkan Iblis yaitu mempertanyakan kebenaran tentang status Yesus sebaga Anak Allah ( Perhatikan ungakapan Ibilis: Jika Engkau Anak Allah....)

Apalagi sebelumnya ketika Yesus dibaptis dalam air, ada suara yang terdengar dari Bapa sorgawi mengatakan “Inilah AnakKu yang Ku kasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, (Mat. 3:17).”

Tetapi berbeda dengan Adam dan Hawa yang kalah ketika Iblis mencobai mereka di Taman Eden, di dalam nats ini kita lihat bahwa Yesus mengalahkan pencobaan itu dan keluar sebagai pemenang walau pun Ia dicobai di padang gurun.

Ini menjelaskan kepada kita bahwa setiap orang percaya tidak luput dari pencobaan yang dilakukan oleh Iblis, tetapi kita bisa memilih apakah kita akan kalah seperti Adam dan Hawa atau sebagai pemenang seperti Tuhan Yesus.

Tetapi yang jelas Tuhan Yesus ingin kita keluar sebagai pemenang dalam menghadapi setiap pencobaan.

Pada saat ini kita akan merenungkan beberapa pelajaran penting dari kisah pencobaan yang dialami oleh Tuhan Yesus

1. Tujuan utama Iblis untuk mencobai orang percaya yaitu untuk memutuskan hubungan mereka dengan Allah sebagai Bapa.

Roh Kudus sebagai penghibur orang-orang percaya bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah (Rm. 8:16), tetapi roh jahat sebagai penuduh orang-orang percaya berusaha sedapat mungkin untuk mengghoyahkan kesaksian itu

Mengapa Iblis ingin sekali memutuskan hubungan ini (Bapa-anak)? Supaya tidak terjadi hubungan yang harmonis, kebergantungan kepada Allah sebagai Bapa, kewajiban yang harus ditaati dgn kasih yang kesemua hal ini mengakibatkan orang percaya dimungkinkan untuk menikmati janji-janji Bapa.

Tetapi dalam hal ini, Yesus sama sekali tidak meragukan kasih Allah sebagai Bapa dan kedudukanNya sebagai Anak.

2. Pencobaan oleh Iblis bertujuan untuk menggoyahkan iman kita akan Firman Allah dan kebenaranNya.


Itulah yang Iblis lakukan kepada Adam dan Hawa yaitu mencoba menggoyahkan keyakinan mereka terhadap Firman Allah dan kebenaranNya dengan mengatakan bahwa walau Adam dan Hawa makan buah pohon pengetahuan yang baik dan jahat itu, mereka tidak akan mati... Adam dan Hawa meragukan Firman Allah sehingga mereka melanggar dengan menuruti perkataan Iblis dan mereka pun jatuh dalam penghukuman Allah.

Hal yang sama Iblis lakukan kepada Yesus dengan mengatakan: “Jika Engkau Anak Allah...” Tetapi Yesus menyadari bahwa statusNya sebagai Anak Allah tidak bergantung kepada bisa tidaknya Ia mengubah batu jadi roti (walau Ia dapat melakukan itu), juga tidak bergantung kepada keadaanNya secara fisik yang sedang lapar, tetetapi bergantung kepada apa yang Allah katakan/firmankan yaitu “Inilah Anakku yang Ku kasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” Dan akhirnya Yesus dapat mengalahkan cobaan Iblis.

Hal yang sama Iblis akan lakukan bagi kita masa kini. Iblis berusaha untuk menggoyahkan iman kita akan Firman Allah dan kebenaranNya. Tetapi apapun yang terjadi tetaplah percaya dan pegang Firman Allah di dalam kehidupan kita.

3. Alasan yang paling kuat yang digunakan Iblis untuk meragukan kedudukan orang percaya sebagai anak-anak Allah yaitu penderitaan, kebutuhan, dan beban lahiriah.

Iblis datang mencobai Yesus ketika Ia lapar  sesudah berpuasa 40 hari dan 40 malam. Iblis tahu bahw Ia butuh makan, baru saja melakukan pekerjaan rohani yang luar biasa (puasa), sudah sepatutnya Ia tidak perlu menderita dengan hal itu dan Ia bisa memenuhi kebutuhanNya dengan cara “mempertontonkan” kuasa atau statusNya sebagai Anak Allah. 

Seolah-olah Iblis mengatakan kalau betul kita adalah anak-anak Allah mengapa kita mengalami penderitaan, kebutuhan yang kerap tidak terpenuhi, dan beban lahiriah, seharusnya kita tidak mengalami semua itu. Bukankah kamu anak-anak Allah?

Tetapi sebenarnya justru karena KasihNya lah terkadang kita diijinkan mengalami penderitaan.
Kita akan tahu bahwa Allah itu sebagai Penolong ketika kita mengalami penderitaan, kebutuhan dan beban lahiriah. Kalau tidak kita hanya akan mengetahui tentang dari kata orang. Itulah yang dialami oleh Ayub, Ayb. 42:1-6

Selanjutnya Paulus mengatakan bahwa penderitaan, beban hidup tidak dapat memisahkkan kita dari kasih Allah karena Kristus telah mati, bangkit, dan duduk disebelah kanan Allah yang menjadi Pembela kita Rm. 8:34-39

Jadi jangan ragukan kasih Kristus dan kasih Allah Bapa kita serta posisi kita sebagai anak Allah walaupun kita sedang mengalami berbagai-bagai pergumulan.

4. Iblis sangat sering melancarkan serangannya kepada orang percaya dengan menanamkan pemikiran bahwa Allah itu jahat

Seolah-olah Allah telah meninggalkan kita, tidak mendengarkan doa-doa kita, tidak peduli kepada kita manakala kita menghadapi penderitaan, kebutuhan dan beban hidup.

Itulah yang ia lakukan kepada Adam dan Hawa dengan mengatakan bahwa mereka tidak akan mati walau melanggar Firman Allah, justru Allah tidak ingin kalian menikmati hidup lebih baik, itu sebanya Ia melarang makan buah pengetahuan baik dan jahat itu. Dan strategi Iblis ini berhasil untuk mengalahkan Adam dan Hawa.

Hal yang sama Iblis lakukan juga bagi Yesus. Iblis coba menanamkan pikiran yang jahat mengenai Allah kepada Yesus dengan mengatakan jika Engkau Anak Allah tentu Engkau dapat memerintahkan batu-batu ini jadi roti. Ini sebenarnya jebakan bagi Yesus.

Sebelumnya Allah mengatakan: “Inilah Anakku yang Ku kasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” Dan Iblis mengatakan kalau betul Engkau Yesus Anak Allah dan Allah berkenan, perintahkan batu ini jadi roti, tapi kalau Engkau tidak bisa buktikan itu, berarti Engkau bukan Anak Allah dan Allah tidak berkenan kepadaMu. Begitulah caranya Iblis coba menanamkan pikiran yang jahat mengenai Allah kepada Yesus.

Tetapi Yesus tetap mengakui bahwa Allah itu baik dan benar dengan mengutip Firman yang mengatakan bahwa “Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah.” Dengan kata lain Yesus katakan bahwa ada saatnya kita lapar (menderita, kekurangan, beban berat menindih), tetapi Firman yang keluar dari mulut Allah itu akan tetap menopang kita jika kita tetap berpegang kepadaNya.

Jadi tolaklah setiap pemikiran yang jahat yang ditanamkan Iblis di dalam pemikiran kita mengenai Allah dan percayalah kepadaNya dan FirmanNya.

Kesimpulan:

Tujuan Iblis mencobai orang percaya yaitu untuk memutuskan hubungan mereka dengan Allah sebagai Bapa, dan menggoyahkan iman kita akan Firman Allah dan kebenaranNya. Alasan yang paling kuat yang digunakan Iblis untuk meragukan kedudukan orang percaya sebagai anak-anak Allah yaitu penderitaan, kebutuhan, dan beban lahiriah, dan Iblis sangat sering melancarkan serangannya kepada orang percaya dengan menanamkan pemikiran bahwa Allah itu jahat


Khotbah Gembala Sidang Pdt. Dias Pora Padang dalam Kebaktian Umum Pagi dan Malam, Minggu, 14 Juli 2013 di GSJA KEMULIAAN

5 komentar:

  1. Sekilas Info Yes 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Ams 24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, 24:18 supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu. Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. Mat 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 25:44 Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal." Mat 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."Bil 14:18 TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Yes 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya. Ayb 13:26 Sebab Engkau menulis hal-hal yang pahit terhadap aku dan menghukum aku karena kesalahan pada masa mudaku;

    BalasHapus
  2. Sekilas Info II Sam 7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. Yer 46:28 Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku menyertai engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuceraiberaikan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah." Why 3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! Kis 10:45 Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, Mat 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Mat 10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Why 3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu. Why 2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. Yak 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. Mat 16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

    BalasHapus
  3. Sekilas info Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

    Wahyu 2:18-23 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

    Sekilas info renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya
    https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

    http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

    http://www.laskarislam.com/t10479-sekilas-infoku?highlight=sekilas+info
    http://www.laskarislam.com/t10335-ajal-bisa-menjemput-kapan-saja-dimana-saja-dalam-keadaan-apapun-dan-bisa-jadi-itu-adalah-yang-tersayang-entah-itu-orang-atau-bayi-atau-diri-kita?highlight=ajal+bisa
    http://www.laskarislam.com/t10402p175-yesus-bukan-tuhan
    http://www.laskarislam.com/t9769p125-sha-sha-belajar-kristen?highlight=yuk+belajar+kristen
    http://www.laskarislam.com/t9769p150-sha-sha-belajar-kristen?highlight=yuk+belajar+kristen
    http://www.sarapanpagi.org/kumpulan-theology-njlajahweb-vt8496-60.html
    http://www.sarapanpagi.org/bukti-yesus-bukanlah-tuhan-vt7529-140.html
    http://www.sarapanpagi.org/tritunggal-vt8510-100.html
    http://www.sarapanpagi.org/tanggapan-dr-tuduhan-muslim-ayat2-injil-yg-palsu-ngawur-vt8472-80.html
    http://www.laskarislam.com/t3583-inilah-ciri-ciri-orang-yang-beriman-kepada-yesus?highlight=yesus+bukan+Tuhan
    http://www.laskarislam.com/t10402p175-yesus-bukan-tuhan?highlight=yesus+bukan+Tuhan
    http://www.laskarislam.com/t10383p100-memosisikan-kembali-yesus-kristus-sebagai-utusan-allahbapa-dan-bukan-sang-pengutus?highlight=yesus+bukan+Tuhan
    http://www.sarapanpagi.org/kumpulan-theology-njlajahweb-vt8496.html
    http://www.sarapanpagi.org/kumpulan-theology-njlajahweb-vt8496-20.html
    http://www.sarapanpagi.org/kumpulan-theology-njlajahweb-vt8496-40.html
    http://www.sarapanpagi.org/kumpulan-theology-njlajahweb-vt8496-60.html

    Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  4. Sekilas info Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    ( Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus )
    ---
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
    ===

    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
    ---
    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

    BalasHapus
  5. 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
    ---
    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
    ***
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

    ---
    8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
    8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
    ---
    9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
    9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
    ---
    28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
    28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
    28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
    28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
    28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
    28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
    ---
    1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
    ---
    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.