Ads Top

MENJAGA TUBUH ANDA PRIMA UNTUK TUHAN

1 KORINTUS 6:20
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/p480x480/310581_10151178291708754_1011032246_n.jpgFirman Tuhan mengatakan supaya kita mempermuliakan Allah dengan tubuh kita . Alasannya karena:
(1) tubuh kita adalah bait Allah, 1 Kor. 6:19a.
(2) Allah telah membeli kita dan harganya telah lunas dibayar, itu berarti bahwa kita bukan milik kita sendiri lagi, melainkan milik Allah, 1 Kor. 6:19b-20a,

1 Kor 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar

Supaya tubuh kita bisa digunakan untuk kepentingan atau untuk kemuliaan Tuhan maka kita harus menjaga tubuh kita.


Pertanyaannya: Bagaimana kita memuliakan Allah dengan tubuh kita?

1. Menjaga tubuh kita untuk tidak melakukan perbuatan dosa, 1 Kor. 6:9b-10


1 Kor. 6:9b-10 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, 10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Dosa-dosa yang dimaksudkan dalam konteks ini:
  • Dosa percabulan, perzinahan, banci, pemburit – berkaitan dengan hawa nafsu seks
  • Dosa penyembahan berhala – bukan saja pergi ke dukun, tetapi juga segala sesuatu yang kita hargai atau hormati melebihi Tuhan
  • Dosa kikir
  • Dosa mabuk - minuman keras, narkoba,
  • Dosa fitnah
  • Dosa penipuan – termasuk dalalm hal persepuluhan.
  • Dosa perselisihan, kebencian, dendam – harus mengampuni.

2. Terus menerus melakukan latihan badani (polah makan yang baik dan olah raga), 1 Tim. 4:7-9

1 Tim 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. 8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya.

Tidak dikatakan bahwa latihan badani (olah raga) tidak berguna, tetapi terbatas gunanya. Berarti ada gunanya hanya saja terbatas.

Terbatas maksudnya jika kita hanya sehat secara fisik tetapi tidak sehat rohani yang intinya telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi dan hidup seturut Firman Tuhan, maka kita tidak menikmati janji untuk hidup yang akan datang yaitu hidup kekal bersama Yesus di sorga.

Jadi penting melakukan latihan badani (perhatikan pola makan dan olah raga) supaya tubuh tetap prima untuk kemuliaan Tuhan.

3. Terus menerus melatih tubuh kita untuk beribadah, 1 Tim. 4:7-10

1 Tim 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. 8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. 10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.
Kita bisa memuliakan Allah dengan tubuh kita yaitu dengan cara melatih tubuh kita untuk beribadah, dalam hal ini ada unsur berjerih payah dan berjuang.

Seperti jika melatih jasmani membuat kita sehat secara fisik, maka melatih tubuh untuk ibadah membuat kita sehat secara rohani.

Melatih tubuh untuk beribadah mengandung janji, baik untuk hidup ini dan hidup yang akan datang. Maksudnya, janji untuk hidup ini (sekarang ketika kita masih hidup) yaitu kita akan menikmati janji Firman Tuhan semasa hidup. Janji untuk hidup yang akan datang yaitu hidup kekal bersama Yesus dengan menerima mahkota kehidupan.


Hal-hal yang mencakup melatih tubuh untuk beribadah: secara teratur berdoa, membaca Firman Allah, mengucap syukur dalam segala hal, secara teratur memberi, kegereja dll. Sekali lagi, untuk semua ini membutuhkan unsur jerih payah dan perjuangan.


Kesimpulan:
Supaya tubuh kita prima untuk Tuhan maka kita harus menjaga tubuh kita untuk tidak berbuat dosa, melatih tubuh jasmani kita (perhatikan pola makan dan olah raga), dan melatih tubuh kita untuk beribadah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.