Ads Top

PADA SAAT YESUS HADIR DIRUMAHMU

“Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yokobus dan Yohanes pergi kerumah Simon dan Andreas” (Markus 1 : 29)

Suatu hari Tuhan Yesus masuk ke suatu rumah dan terjadi perubahan besar. Peristiwa ini terjadi pada permulaan dari pelayananNya. Ia telah melewati pegunungan Nazaret ke Galilea. Disepanjang perjalanannya itu Ia mengajar dan menyembuhkan serta memilih sebagian murid-muridNya yang pertama. Pada hari Sabat, Tuhan Yesus pergi ke Kapernaum. Pagi hari Ia masuk ke Rumah Sembahyang orang Yahudi, tempat dimana Ia mengajar dan menyembuhkan seseorang dari kuasa kegelapan. Sore harinya, Ia masuk ke rumah Simon Petrus, dan menyembuhkan mama mertuanya Simon. Menjelang malam Ia keluar di jalan karena begitu banyak orang sakit yang dibawa kepadaNya untuk disembuhkan.

Dari pengalaman yang terjadi di rumah Simon Petrus, kita dapat belajar beberapa hal.

Apakah yang terjadi saat Tuhan Yesus hadir dalam rumah seseorang ?

1. ADA KESEMBUHAN.

Dimana Yesus berada selalu ada kesembuhan. Di rumah Simon Petrus, Ia menyembuhkan mama mertua Simon. Tetapi di dalam keluarga saudara mungkin kesembuhan yang diperlukan adalah hubungan suami-isteri. Anak-anak yang tidak taat. Ekonomi dan usaha yang lagi hancur. Jiwa yang kosong dan merana. Tuhan dapat menyembuhkan semua itu, asalkan kita mau mengundang-Nya.

2. ADA PERTOLONGAN.

Ada yang menerima pertolongan dan ada yang memberi pertolongan. Setelah mama mertua Simon Petrus menerima kesembuhan dari Tuhan Yesus, ia melayani semua orang yang ada di rumahnya. Kita harus membalas segala kebaikan Tuhan dengan jalan memberitakan kuasaNya yang telah kita alami pada orang lain. Dengan cara inilah hidup kita berarti dan ada arah dan tujuan. Hal ini kita dambakan terjadi di dalam keluarga kita.

3. ADA PENGHARAPAN.

Kita tidak tahu sejauh mana penyakit yang diderita oleh manta mertua Simon Petrus. Tetapi Alkitab mengatakan bahwa ia sakit demam yang begitu hebat. Itu berarti ia berada dalam keadaan putus asa untuk disembuhkan. Tetapi saat Tuhan Yesus datang, ada harapan. Ia menyembuhkannya secara sempurna. Dalam banyak keluarga ada hal-hal yang kita tidak tahu harus berbuat apa, kita lalu putus asa. Sang ayah yang terikat dengan minuman keras, anak-anak yang terikat obat-obatan. Usaha yang bangkrut dan terlilit hutang yang banyak. Jangan takut. Dalam Yesus ada harapan (Mat.11:28).

4. ADA SUKACITA.

Dapatkah kita bayangkan sukacita yang terjadi saat mama mertua Simon disembuhkan? Sukacita di hati mertua Simon. Sukacita di hati Simon Petrus sang menantu. Sukacita di hati isteri Simon Petrus sang anak yang mungkin dengan susah payah merawat mamanya selama sakit demam. Sukacita di hati setiap orang yang menyaksikan kesembuhan yang terjadi. Memang di mana Tuhan Yesus berada, disitu ada sukacita besar.

Keluarga sangat menentukan sesuatu dalam gereja, masyarakat dan dunia ini. Karena itu Tuhan Yesus perlu berada di setiap keluarga. Bukan sebagai tamu, tetapi sebagai Tuhan yang memegang kendali atas hidup pernikahan kita, ekonomi kita, hubungan satu dengan yang lain dan setiap bahagian sekecil apapun dalam keluarga kita. Undang Dia masuk dalam keluarga kita (Why.3:20)


Sumber:
Khotbah Pdt. JR Simanjuntak, MA dalam Kebaktian Umum Pagi & Malam di GSJA KEMULIAAN pada tgl 25 November 2012

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.