Ads Top

KAPAN ALKITAB DIBAGI PER PASAL & AYAT? (TAHUKAH KAMU)

Tahukah kamu: 

Perjanjian Lama pada mulanya tidak ditulis dalam bentuk kitab, tetapi lembaran-lembaran... dan tanpa nomer pasal maupun ayat. Demikian pula halnya dengan kitab-kitab Perjanjian Baru.

Pembagian dilakukan pertama kali pada tahun 586 S.M. ketika Pentateukh dibagi ke dalam 154 kelompok (sedarim). Lima puluh tahun kemudian pembagian itu disederhanakan ke dalam 54 seksi (parashiyyoth) dan ke dalam 669 segmen lebih kecil lagi untuk mempermudah pencarian referensi. Ini dipergunakan dalam siklus pembacaan Alkitab dalam satu tahun.

Orang-orang Yunani membuat pembagian pada sekitar tahun 250 M. Sistem pembagian menurut pasal yang tertua berawal pada tahun 350 M. tercantum pada margin Kodeks Vaticanus.

Geisler dan Nix menulis bahwa “baru pada abad ke-13 pembagian ke dalam seksi ini diubah . . . Stephen Langton, dosen Universitas Paris, yang kemudian menjadi Bisop Agung Canterbury, membagi Alkitab ke dalam pasal-pasal yang dipakai sampai zaman moderen ini.”

Dipelopori oleh Kardinal Hugo de St. Caro, dilanjutkan oleh Stephen Langton, bishop di Canterbury, kemudian diterapkan ke dalam Vulgata (Alkitab bahasa Latin). Pembagian pasal ini diterapkan pula ke dalam Tanakh (Kitab-kitab Perjanjian Lama) yang juga digunakan oleh Kalangan Agama Yahudi.

Pembagian dalam ayat dimulai awal tahun 1558 di dalam Vulgata. Sebelumnya sudah muncul pertama kali dalam Perjanjian Baru Yunani oleh Robert Stephens tahun 1551. Putra Robert Stephens yang bernama Henry Stephens melaporkan bahwa pembagian ayat itu dilakukan oleh ayahnya dalam perjalanan dari Paris ke Lyons.

Pada mulanya penunjuk-penunjuk ayat bervariasi dari jarak antar kata sampai dengan huruf atau angka. Penunjuk-penunjuk ayat itu secara universal tidak dipakai secara sistematik. Pembagian Alkitab berdasarkan ayat pertama-tama dibakukan sekitar tahun 900 M.

Vulgata dalam bahasa Latin adalah Alkitab pertama yang menggunakan pembagian ayat dan pasal, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.