Ads Top

DOSA IRI HATI ATAU CEMBURU

 Khotbah Pdt. JR Simanjuntak dalam kebaktian Umum 4 Juli 2010

(Ayub 5: 2)

Tiada sesuatu yang baik dalam iri hati. Para tokoh dunia menamakannya dengan berbagai nama yang jelek.
Shakespeare menamakannya “penyakit hijau”(green sickness). Para tokoh Alkitab menyebutnya sebagai “dosa yang membawa maut”. Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang (Ams. 14:30). Raja Salomo lebih jauh mengatakan perihal iri hati, “panas hati, kejam dan murka melanda, tapi siapa dapat tahan terhadap cemburu”(Ams. 27: 4).

Kita sedang hidup pada masa di mana iri hati dan cemburu begitu merusak keluarga, masyarakat dan dunia kita di luar akal sehat. Iri hati dan cemburu adalah alat setan yang mematikan pada zaman ini.

Beberapa hal tentang dosa yang membawa maut ini:


I.    IRI HATI ATAU CEMBURU ADALAH DOSA YANG MEMBAWA DUKA-CITA SAAT ORANG LAIN SUKA-CITA

Yusuf suka-cita karena dapat jubah baru, tapi kakak-kakaknya duka-cita karena iri hati,maka iri hatilah saudara-saudaranya kepadanya, tapi ayahnya menyimpan hal itu dalam hatinya (Kej. 37: 11).

Banyak orang bersuka-cita karena firman Allah, tetapi orang Yahudi berduka cita karena iri hati. Hampir seluruh kota berkumpul untuk mendengar firman Allah ketika orang-orang Yahudi melihatnya penuhlah mereka dengan iri hati sambil menghujat (Kis. 13: 45).

Habel bersuka-cita karena persembahannya diterima Allah, tetapi Kain berduka-cita karena iri hati. Habel mempersembahkan anak sulung kambingnya dan Tuhan mengindahkannya, sedang Kain tidak, lalu hati Kain panas dan mukanya muram (Kej. 4: 4-5).

II.    IRI HATI ATAU CEMBURU ADALAH DOSA YANG MENCURI KASIH DARI HIDUP KITA.

Karena iri hati mengambil kasih dari hati kita, itulah sebabnya tindakan kejahatan dilakukan oleh mereka yang iri hati.

Kain membunuh Habel karena iri hati. Kain membujuk Habel pergi ke padang, tiba-tiba Habel dibunuhnya (Kej. 4: 8).

Gereja mula-mula dianiaya karena iri hati. Para imam besar dan pejabat-pejabatnya bertindak karena mereka sangat iri hati, menangkap para Rasul dan memasukkan mereka ke penjara (Kis. 5: 17-18).

Tuhan Yesus dianiaya dan disalibkan karena iri hati orang-orang Yahudi, karena Yesus murah hati (Mat. 20: 15).

III.    IRI HATI ATAU CEMBURU ADALAH DOSA YANG MEMBUNUH HIDUP MANUSIA

Iri hati adalah celah untuk masuknya berbagai macam penyakit. Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang (Ams. 14:30).

Iri hati menghancurkan rumah tangga, persahabatan dan dunia ini. Di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri, di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat (Joh. 3: 16).

Iri hati menghancurkan segala rencana yang cemerlang. Pertengkaran, hawa nafsu, saling berjuang dalam tubuh dan tidak memperoleh lalu bertengkar, berkelahi dan tidak mendapat apa-apa karena tidak berdoa (Joh. 4: 2).

Iri hati dan cemburu dapat kita hancurkan jika kita berkata seperti Johanes Pembaptis, “Biarlah aku makin berkurang-kurang dan Dia makin bertambah. Ia harus makin besar tapi aku harus makin kecil (Joh. 3: 30).

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.