Ads Top

ORANG YANG MENCINTAI HARTA TIDAK MEMILIKINYA

Khotbah Pdt. JR Simanjuntak dalam Kebaktian Raya Pagi  25 April 2010 di GSJA "KEMULIAAN"
 
Kej. 13: 1-18

Cerita tentang Lot adalah pengungkapan suatu kebenaran bahwa orang yang mempunyai harta akhirnya tidak memilikinya. Kita yang hidup ini mendambakan sukses serta hidup berkecukupan, tapi fakta membuktikan bahwa kekayaan dan kemewahan tanpa takut akan Tuhan adalah menjadi racun yang membunuh. Daud jatuh ke dalam dosa setelah hidupnya enak, tidak ada lagi tantangan (2 Sam. 11: 1-27). Salomo jatuh ke dalam dosa setelah dia kaya dan sangat terhormat (II Taw. 18: 1).

Mari kita lihat kebenaran Tuhan dalam kisah Lot.


I. PILIHAN YANG DIAMBIL LOT
Lot pilih sesuatu berdasarkan hawa nafsu. Ia melihat lembah Jordan dan banyak air mengalir. Hal itu terjadi sebelum Tuhan memusnahkan Sodom Gomorah. Lot memilih bukan karena iman (Kej. 13: 10-13).

II. IA MEMBANGUN TENDANYA MENGHADAP KOTA SODOM
Ia tahu bahwa kota Sodom kota jahat dan Tuhan telah berkeluh-kesah bahwa kota Sodom dan Gomorah sesungguhnya sangat berat dosanya (Kej. 18: 20). Jika kita tidak menolak dosa secepat mungkin, maka cepat atau lambat Ia akan memusnahkan kita. Jika kita tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu (Kej. 4: 7).

III. APA YANG LOT KEJAR, MALAH TIDAK MEMILIKINYA
Lot kehilangan miliknya. 
Tuhan menurunkan hujan belerang dan api dari langit atas Sodom dan Gomorah, dan ditunggangbalikkanlah kota itu dan lembah Jorban dan seluruh penduduknya (Kej. 19: 24-25).

Ia kehilangan istrinya. 
Istrinya berjalan meninggalkan kota, namun melihat ke belakang, lalu menjadi tiang garam (Kej. 19: 26).

Ia kehilangan dirinya sendiri. 
Ia tinggalkan kota dan tinggal di pegunungan (di dalam gua). Ia diberi minum oleh kedua anaknya perempuan dan tidur bersama anaknya yang tertua dan disusul dengan adiknya. Lalu anaknya tertua mengandung, melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Moab. Yang muda mengandung pula dan melahirkan anak laki-laki dan menamainya Ben-Ami. Dialah Bani Amon yang sekarang. (Kej. 19: 31-38).

Lot kehilangan harta miliknya yang begitu banyak sekaligus kehilangan dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.