Ads Top

MISI ROH KUDUS DI TENGAH DUNIA YANG BERDOSA

Khotbah Pdt. JR Simanjuntak dalam Kebaktian Raya Pagi  20 Mei 2010 di GSJA "KEMULIAAN"


Kis. I: 8; 2-4

Di dalam dunia di mana kita hidup, kuasa setan bekerja begitu rupa antara menantang Kristus dan kerajaan-Nya. Belum lagi atheis dengan sikap mereka menentang Allah serta ajaran-ajaran sesat yang menyimpang dari kebenaran. Dalam menghadapi kondisi ini kita mencari satu kuasa yang dapat menjawabnya.


1. KEBUTUHAN TERBESAR DALAM DUNIA ADALAH KUASA ALLAH

Dunia kita adalah dunia yang berdosa. Manusia menyombongkan diri, bantah kepada orang tua, tidak mau berdamai, suka mengkhianat, dan menuruti hawa nafsu (2 Tim. 3: 2-4).


Dunia penuh dengan kejahatan dan kekuasaan. Kamu akan dikucilkan dan ada saatnya orang yang membunuh kamu, mereka menyangka berbuat baik kepada Allah (Joh. 16: 1-3).

Pilatus meluluskan agar Jesus disalibkan atas hasutan imam-imam kepada orang banyak itu (Mat. 27: 22-25).

Dunia kita dilanda dengan kelaparan dan kehausan dan hal-hal rohani. Jesus berkata, Akulah roti hidup, yang datang kepada-Ku, Ia tidak akan haus lagi (Joh. 6: 35).

Kekuatan manusia tidak dapat menjawab kebutuhan manusia yang sesungguhnya. Jesus berkata, siapa minum air ini, ia akan haus lagi, tapi siapa yang minum dari air yang Kuberikan, ia tidak akan haus selama-lamanya (Joh. 4: 13-14).


2. KUASA TERBESAR YANG DAPAT DITERIMA MANUSIA ADALAH KUASA ROH KUDUS

Roh Kudus akan menginsyafkan dunia dari dosa. Jesus pergi supaya Roh Kudus diutus untuk menginsyafkan dunia dari dosa, kebenaran dan penghakiman (Joh. 16: 7-8).

Roh Kudus datang dalam hidup kita dengan cara-Nya sendiri.

Tampaklah mereka lidah-lidah seperti nyala api, maka penuhlah mereka Roh Kudus, mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang diberikan roh itu kepada mereka untuk menyatakannya (Kis. 2: 3-4).


3. ROH KUDUS MEMBERIKAN KUASA KEPADA SAAT KITA MENGHADAPI TANTANGAN

Kerinduan yang bernyala-nyala akan Roh Kudus. Apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengar dan bila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku (Jer. 29: 12-13).

Rindu kepada Allah akan Roh Kudus. Ia akan memberi Roh Kudus kepada yang meminta kepadanya (Luk. 11: 13).

1 komentar:

  1. Setuju >>>>
    ROH KUDUS MEMBERIKAN KUASA KEPADA SAAT KITA MENGHADAPI TANTANGAN

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.