Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Jumat, 23 April 2010

Dimana Allah Saat Kita Menghadapi Pergumulan?

Do you want to share?

Do you like this story?

Khotbah Pdt. Jonner Sirait, MA dalam kebaktian Raya Pagi GSJA Kemuliaan, Minggu 18 April 2010

Teks: Markus 15:34

Allah yang kita sembah adalah Allah yang menciptakan pujian di waktu malam. Bicara tentang malam berarti bicara tentang kegelapan: penderitaan, masalah, dan pergumulan. Tetapi, orang yang hidup dekat dengan Allah—bagaimana pun keadaannya—akan tetap merasakan kasih Allah dan melantunkan puji-pujian di tengah keadaan yang tergelap sekali pun; karena ia sadar bahwa Allah tidak pernah terlambat menolong dan tidak pernah mengecewakan orang yang berharap kepadaNya.

Di mana Allah pada saat orang percaya mengalami pergumulan?
Alkitab memberikan tiga jawaban:



1. Allah ada di tengah Kita (Zefanya 3:16-18)

Allah ada bersama dengan kita tepat di tengah-tengah pergumulan kita. Banyak orang berpikir, jika Tuhan bersama kita, itu berarti kita tidak akan menghadapi pergumulan. Tetapi, terkadang Dia ijinkan kita menghadapi pergumulan, supaya kita sadar bahwa Tuhan tidak pernah mendidik kita menjadi anak-anak yang manja dan penakut.

Tuhan ada di tengah kita pada saat kita menghadapi pergumulan untuk mengajar, mendewasakan, menyatakan kasihNya, dan memberitahukan kita bahwa apa pun persoalan kita, Dia selalu ada untuk memberikan pertolongan tepat pada waktunya.

2. Dia ada di surga untuk membela kita (Roma 8 : 34-39)

Bagi orang dunia, terkadang orang benar dianggap tidak mempunyai tempat; karena orang benar akan selalu dihambat dan disingkirkan. Terkadang, itu terjadi bukan karena orang benar berbuat dosa dan kejahatan, tetapi karena orang benar mempertahankan iman dan kesetiaanNya kepada Allah.

Seseorang yang dapat melihat pembelaan Allah bukan seorang yang gampang kecewa, dendam dan putus asa. Tetapi selalu memandang kepada Allah dan percaya sepenuhnya bahwa pasti ada maksud dan rencana Tuhan yang indah.

Allah ada di surga untuk mengatur pembelaan: memberikan kekuatan dan kemampuan kepada kita; mengatur malaikat di surga untuk bertugas menolong dan membela kita. (Maz 91:11)

3. Allah berada di daerah musuh untuk memusnahkan musuh (Keluaran 14:13-14)

Tuhan tahu di mana Dia harus berada. Ada masa-masa di mana Dia harus berada dekat dengan kita untuk mengajar kita. Tetapi, ada masa Dia perlu berada di surga untuk mengatur malaikatNya, guna membela orang percaya. Dan, ada saatnya Dia mendatangi daerah musuh untuk mengacaukan segala sesuatunya agar orang benar bisa maju merebut kemenangan.

Tidak ada kuasa yang terlalu besar sehingga tidak dapat dikalahkan oleh Tuhan, dan tidak ada persoalan yang terlalu rumit sehingga tidak dapat diselesaikan oleh Tuhan. Allah tahu persis di mana Dia harus berada.

Dan, di manapun Dia berada, Dia selalu ada untuk kita (Yesaya 41:11-13). Kita tahu bahwa Allah selalu berada di tempat yang tepat, dan karena kita tahu Allah berada di tempat yang tepat maka kita tidak perlu takut, tetap bersukacita, dan selalu mengucap syukur.

Kesimpulan :

Pada saat orang-orang percaya sedang mengalami pergumulan, ternyata Allah tidak meninggalkan dan membiarkan orang-orang yang percaya kepadaNya.
  1. Allah ada di tengah kita
  2. Allah ada di surga untuk membela kita
  3. Allah berada di daerah musuh untuk memusnahkan musuh
Kita tidak perlu takut, tetap percaya, tetap berharap padaNya, tetap bersukacita, dan selalu mengucap syukur. Amin

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comments:

krulayar mengatakan...

'KIAMAT DAN KEADAANNYA'

http://www.scribd.com/doc/36025155/Surat-K...Dan-Mufti-Mufti

Poskan Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda.
Kami akan menghapus komentar yang bersifat spam, jorok, kasar, pornografi, dll.

Advertisements

Advertisements