Ads Top

1040: Film Kebangunan Rohani Kristen Asia



Film yang judulnya terdiri dari empat angka, "1040" adalah sebuah film dokumenter Kristen yang diputar perdana pada Jumat, 12 Maret 2010 sebagai film pembuka di festival film 2010 City of the Angels di pusat film Hollywood, Amerika Serikat. Film ini mengulas kebangunan rohani di Asia dibintangi seorang penginjil dan musisi Jaeson Ma.

Nama Jaeson Ma, mungkin cukup asing di telinga orang Indonesia. Maklum saja karena ia adalah penginjil kelahiran AS dan aktif pelayanan di sana. Di usianya yang belum genap 30 tahun, Jaeson sudah mendirikan Campus Church Networks, memimpin gerakan penanaman gereja yang berbasis di California dan menyebar hingga ke Asia Timur. Baru-baru ini Jaeson yang aktif dalam industri hiburan juga mendirikan perusahaan multimedia Asian Digital Ventures Network (ADVN).

Selain Amerika, Jaeson juga menjelajah mengabarkan Injil ke seluruh Asia, di mana gereja telah tumbuh pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir. Selama berbulan-bulan, Jaeson mengelilingi China, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Indonesia, untuk membuat film wawancara dengan para pemimpin gereja serta artis-artis di Asia, para seniman dan pengusaha yang mewakili kalangan Kristen maupun non-Kristen.

Hasil perjalanannya tersebut dirangkai dalam film dokumenter '1040' ini. Judul tersebut mengacu ke kawasan yang dikenal dengan sebutan "Jendela 10/40", yaitu daerah antara 10 derajat dan 40 derajat lintang utara yang membentang dari Afrika Utara ke Asia Timur. Sebagian besar negara di kawasan ini didominasi oleh Muslim, Buddha, dan berbagai suku-suku terabaikan yang belum terjangkau Injil.

Dalam lawatannya ke Asia, Jaeson Ma sempat datang ke Surabaya pada Mei 2009 dalam acara "Asia for Jesus" yang diadakan Gereja Mawar Sharon Surabaya. KKR selama tiga hari di bandara lama Juanda tersebut dilaporkan menuai 4.256 orang yang menerima Yesus, 1.252 orang dibaptis saat itu juga dan total dihadiri 52.000 orang.

"Saya benar-benar percaya bahwa gereja di timur sedang bangkit menjadi pemimpin global dalam tubuh Kristus pada saat ini untuk digunakan oleh Tuhan sebagai ujung tombak pengenapan Amanat Agung," kata Jaeson Ma. "Saya rasa bagi kami sangat penting bahwa orang-orang di barat diajar untuk melihat apa yang terjadi dengan mata mereka sendiri dan bergabung dalam pada apa yang Tuhan kerjakan dan untuk bermitra dengan saudara-saudara kita di dalam budaya timur yang benar-benar meletakkan kehidupan mereka bagi Injil."

Wawancara dalam film 1040 ini termasuk para pemimpin dan misiologi Kristen terkemuka seperti Mike Bickle, pendiri "International House of Prayer"; Loren Cunningham pendiri "Youth With a Mission"; Steve Douglas, Presiden "Campus Crusade for Christ"; dan pendoa Cindy Jacobs yang juga wakil pendiri "Generals International."

"Apa yang terjadi di Asia sekarang adalah benar-benar kegerakan terbesar Allah dalam sejarah manusia dan banyak gereja di barat tidak benar-benar sadar betapa dinamis gereja di Asia sekarang," kata Mike Bickle. "Ada sebuah kegerakan akar rumput bahwa Alkitab dengan jelas berbicara tentang hal itu akan sangat kuat pengaruhnya, dan saya pikir sebagian besar pada orang muda."

"Mereka akan bergerak dengan kekuatan seperti yang para rasul lakukan dalam kitab Kisah Para Rasul, dan mereka akan sangat mempengaruhi kebudayaan dan bahkan pemerintah di Asia yang akan menciptakan pengaruh yang menyebabkan Asia secara keseluruhan untuk menolak godaan dan ancaman Antikristus. Dan itu sedang terjadi secara besar-besaran," ujar Bickle.

Film ini juga menampilkan Vanness Wu, penyanyi asal Taiwan kelahiran Amerika Serikat. Di Indonesia Vanness pernah populer sebagai anggota kelompok vokal F4 yang juga bermain dalam serial TV Meteor Garden. Tak ketinggalan penyanyi hip-hop MC Hammer juga ikut menyampaikan pandangannya tentang kebangunan rohani di Asia.

Sumber:
TerangDunia.Com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.