Ads Top

MEMBAGI TANPA KASIH TIDAK BERFAEDAH

1 KORINTUS 13:3

Hari ini dunia sedang merayakan “Valentine Day” yaitu hari kasih sayang. Perayaan ini biasanya diwujudkan dengan memberikan sesuatu yang baik kepada seseorang. Sayangnya hari kasih sayang ini dirayakan sekali setahun.

Berbeda dengan orang dunia, orang percaya berdasarkan Firman Tuhan haruslah menyatakan kasih dengan membagi atau melakukan sesuatu yang baik setiap ada kesempatan bukannya sekali setahun.

Tetapi  berdasarkan pembacaan Firman Tuhan hari ini kita dapat belajar bahwa di dalam membagi atau melakukan sesuatu yang baik kepada sesama ada yang mendatangkan faedah bagi kita sendiri tetapi ada yang tidak. Melakukan sesuatu yang baik bagi sesama tetapi tidak mendatangkan faedah bagi kita yaitu jika kita melakukannya tanpa kasih.

Pada saat ini kita akan belajar bersama mengenai: membagi kepada sesama yang mendatangkan faedah/berkat  bagi kita.
1. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik dengan sabar, ay. 4
Jika kita melakukan sesuatu yang baik (menyatakan kasih) dengan sabar/tidak jemu-jemu maka kita akan menuai berkat dari Tuhan, Gal. 6:9. Jika kita dalam melakukan sesuatu yang baik tidak dengan sabar maka kita tidak akan pernah menuai yang baik, ini berlaku dalam segala hal di dalam hidup kita.

Contoh: Barnabas sabar terhadap Yohanes Markus itu sebabnya Barnabas ingin supaya Markus tetap ikut dalam perjalanan pelayanan yang dilakukannya dengan Paulus. Tetapi Paulus tidak sabar terhadap Markus sehingga Paulus tidak mau membawa Markus terlibat di dalam tim mereka. Akibatnya terjadi perselisihan yang tajam anatara Paulus dan Barnabas akhirnya mereka berpisah (Kis. 15:35-41). Tetapi pada akhirnya Markuslah yang mendampingi Paulus dalam pelayanan di Roma, mengapa? Karena ada Barnabas yang sabar terhadap Markus (Kol. 4:10-11)

2. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik dengan murah hati, ay. 4
Artinya nyatakan kasih atau nyatakan perbuatan baik kita dengan penuh simpati.  Simpati berarti kita berusaha untuk masuk ke dalam hati dan pikiran orang yang mengalami kesusahan tersebut sehingga kita sendiri dapat merasa dan melihat segala sesuatunya sebagaimana dirasa dan dilihat oleh orang yang menderita tersebut.

Jangan lakukan kebaikan berdasarkan selera pribadi kita tetapi nyatakan kebaikan atau kasih kita berdasarkan kebutuhan orang tersebut.

Marta merupakan seorang yang menyatakan kasih bukan dengan murah hati melainakan berdasarkan selera pribadinya, bukan berdasarkan apa yang dibutuhkan Yesus. Sedangkan Maria menyatakan kasih bukan berdasarkan selera pribadinya melainkan berdasarkan apa yang dibutuhkan Yesus, dengan murah hati. Akibatnya Yesus memuji Maria dan mencela Marta, (Luk. 10:38-42)

3. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik bukan untuk kemegahan diri dan kesombongan, ay. 5
Kadang-kadang ada orang membagi sesuatu atau melakukan perbuatan baik kepada seseorang untuk kemegahan diri atau untuk kesombongan pribadi. Supaya dilihat orang hebat, supaya dipuji, supaya dianggap baik atau supaya disanjung. Perbuatan baik seperti ini tidak mendatangkan faedah bagi diri kita sendiri.

4. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik dengan sopan atau penuh etika, ay. 5
Kadang ada juga orang yang berbuat baik tetapi melanggar etika atau tidak sopan. Istilah yang sering kita dengar: maksud baik tetapi cara salah. Perbuatan jenis ini juga tidak berfaedah. Contoh: membantu tetapi tidak sesuai aturan. Bukannya mendatangkan kebaikan melainkan mendatangkan kekacauan.

5. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik bukan untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri, ay. 5

Ada orang percaya yang melakukan perbuatan baik tetapi untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri.
Contoh: hal ini kerap terjadi pada saat PILEG, PILKADA DAN PILPRES. Setelah terpilih lupa terhadap apa yang telah dijanjikan. Pepatah yang cocok untuk hal ini – “ada udang di balik batu.” Dibalik perbuatannya yang baik tersembunyi niat untuk mencari kepentingan bagi diri sendiri. Perbuatan baik jenis ini tidak berfaedah.

6. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik kepada orang yang tidak layak dikasihi, ay. 5
Jika kita hanya berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kita, kita tidak ada bedanya dengan orang dunia. Yesus Tuhan mengatakan hal yang sama, Mat. 5:46. Jadi lakukan sesuatu yang baik kepada orang yang tidak laya untuk dikasihi.

7. Bagi atau lakukan sesuatu yang baik kepada orang lain karena kita mengasihi Tuhan
Artinya – kita membagi atau melakukan sesuatu yang baik sebagai wujud kasih kita kepada seseorang karena kita itu diperintahkan Tuhan dan kita dengan rela mentaatinya. Perbuatan seperti ini akan mendatangkan berkat yang luar biasa bagi kita.


Khotbah Gembala Sidang GSJA "Kemuliaan" Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam kebaktian spesial tgl 14 Feb 2010

2 komentar:

  1. AKU DIBERKATI DGN KHOTBAH INI

    BalasHapus
  2. Semua orang akan termotivasi dengan adanya cinta kasih dalam hidup. Tuhan mengasihi kita semua. Berbagilah dengan dasar kasih karena Tuhan sudah lebih dulu membagikan kasihNya kepada kita semua

    Maju terus GSJA Kemuliaan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.