Ads Top

BUKA TANAH BARU

Jika kita pergi mengunjungi desa-desa di pedalaman, maka kita akan menemukan satu hal yang sudah umum terjadi, yakni para petani akan membuka kebun-kebun baru. Ketika membuka tanah baru, mereka tidak akan pernah menghematnya, karena tanahnya yang luas.

Di dalam Kitab Yesaya 54:1-17, kita menemukan perintah Tuhan yang memiliki kemiripan yang sama dengan para petani. Perintah tersebut di antaranya:

1. Memekikkan suara yang keras sebagai tanda sukacita.   
 Biasanya para petani yang ingin membuka ladang baru seringkali memekikkan suara yang keras sampai terdengar jauh ke tempat yang lain. Mengapa? Karena hal ini merupakan ungkapan sukacita mereka. Nabi Yesaya menuliskan hal ini dalam pasal 54:1 untuk kita bergembira, bersorak-sorai dan memekikkan suara kita. Sudahkah Anda melakukannya?

2. Membuka tanah baru tanpa menghematnya.
 Selain bersukacita, kita juga harus membuka tanah baru dengan tidak menghemat tanahnya. Kita diperintahkan untuk membentangkan tenda, memanjangkan tali-tali kemah sampai kokoh-kokoh patok-patoknya. Sebab kita akan mengembang ke kanan dan ke kiri menjangkau kota-kota dan bangsa-bangsa (ayat 2-3).

3. Jangan merasa takut atau malu
 Ketika membuka tanah baru, kita tidak boleh takut dengan keadaan yang ada di sekeliling kita (ayat 4). Tidak ada seorang petani pun yang merasa takut atau terintimidasi karena kegagalan masa lalu. Hal yang sama seharusnya menjadi milik orang-orang percaya. 

4. Merasa nyaman karena jaminan Tuhan.
 Satu hal yang tidak pernah dilupakan petani adalah mereka harus merasa nyaman di tempat baru tersebut. Jika mereka merasa dijamin keamanannya, maka mereka akan bekerja dengan giat. Dalam Yesaya 54:5-10, Tuhan berkata, “Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau,”(ayat 10).

5. Tidak ada senjata yang mempan terhadap orang percaya.

Tuhan memberikan jaminan ini dengan berkata, “Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba TUHAN dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman TUHAN,”(Yes 54:17).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.