Ads Top

BAGAIMANA TERLEPAS DARI IKATAN MAMON (Lanjutan)

 Sambungan artikel BAGAIMANA TERLEPAS DARI IKATAN MAMON



D.    Kembangkan Talenta anda.
Kita ada didunia ini bukan hanya untuk melakukan satu hal seperti kata orang yang dimuat dalam buku  “An enemy Called Average” yang ditulis olehJohn L. Mason yang berkata bahwa; “Bila palu satu-satunya alat yang anda miliki, anda cenderung memperlakukan segala sesuatu seperti sebuah paku.” 

Dengan kata lain juga kalau satu-satunya alat ditangan anda hanyalah sebuah pancing, maka anda cenderung menjadikan segala sesuatu seperti ikan. Dengan demikian bagi kita orang yang percaya, kita diberikan Tuhan Roh yang luar biasa untuk melakukan banyak hal untuk kemuliaan Tuhan. Ingat kita harus mengelola talenta yang telah Tuhan berikan dan mengembangkannya.

Kembangkanlah kreativitas dan semangat dalam lingkungan pekerjaan anda, buat diri anda berkembang sedemikian rupa melalui lingkungan anda serta munculkan potensi-potensi baru dalam diri anda dari apa yang telah anda pelajari disekeliuling anda agar nama Tuhan semakin di muliakan.
  
E.    Hindari Hutang.
Jangan membiasakan diri berhutang, buatlah perencanaan pengeluaran agar anda tidak kehabisan budget. Jangan mengingini kepunyaan orang lain. Jangan menaruh harap kepada manusia karena itu adalah kutuk seperti kata Yeremia  dalam pasal 17 ayatnya yang ke- 5 berbunyi demikian;”Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan.” Kita tahu ada orang yang bisa meminjamkan uang, itu sebabnya kita mengharapkan pertolongannya untuk meminjamkan alias hutang. Sedapat-dapatnya hindari hutang dan percaya pada pertolongan Allah saja.


F.    Waktu.
Waktu adalah kesempatan yang diberikan Tuhan kepada kita untuk kita manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sia-siakan waktu dengan bermalas-malasan. Kerjakanlah apa yang bisa kita kerjakan hari ini dan biarkan Tuhan memberkati segala sesuatu yang kita kerjakan seperti untuk-Nya.

G.    Mengucap Syukurlah.
Rasul paulus memberi nasihat kepada jemaat Tuhan di tesalonika tentang kehendak Allah untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal ( I Tesalonika 5:18). Sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah dalam sepengetahuan Tuhan, kalau memang anda mengalami kekurangan, janganlah anda langsung mempersalahkan Tuhan, ambilah waktu dan periksalah kehidupan anda dan periksalah kehidupan keuangan anda, mungkin anda mulai melupakan Tuhan dan kurang mengucap syukur dengan apa yang Tuhan percayakan pada anda, atau mungkin berkat yang telah anda peroleh sudah mencukupi, namun andalah yang kurang merasa puas dengan itu. Jadi mualilah hari ini untuk bersyukur kepada Allah.

H.    Kembalikan Milik Tuhan.
Jika Firman Tuhan memerintahkan kepada kita untuk memberikan persembahan persepuluhan, maka kita harus taat dan dengan iman memberikan itu kepada Tuhan. Dengan memberikan persembahan kepada Tuhan saudara mengakui bahwa segala sesuatu yang saudara miliki adalah milik Tuhan. Apa yang menjadi kepunyaan Tuhan berikanlah kepada Tuhan dengan sukacita, saya percaya anda akan semakin diberkati Tuhan karena ketaatan anda pada Firman Tuhan. Tapi ingat jangan kita jadikan persembahan sepersepuluh menjadi umpan berkat, tapi dengan iman kita lakukan perintah Tuhan. Saya tertarik dengan kata-kata bijak yang berkata; “Kita dapat hidup dari apa yang kita perileh, tetapi kita hanya dapat memberi arti pada kehidupan kita dsengan apa yang kita beri”

Dengan demikian Allah tidak membiarkan orang percaya diikat dan diperbudak oleh mamon. Jika ada orang percaya yang terikat dengan mamon dan diperbudak olehnya, itu bukanlah kesalah dari Tuhan, tetapi kesalahan dari manusia itu sendiri yang dikuasai oleh keinginannya. Tuhan selalu ingin memberkati. Percaya sungguh kepada Tuhan dan menaruh pengharapan kita akan masa depan akan membuat kita menjadi orang kristen yang kuat dan diberkati. Zig Ziglar mengatakan “Anda tidak dapat mengubah masa lalu, tetapi anda dapat mengahancurkan masa kini yang sempurna dengan mengkhawatirkanmasa depa.” 

Kita semua telah percaya bahwa Tuhan telah melunasi hutang kita termasuk kelemahankelemahan kita termasuk masalah kekurangan, karena itu marilah kita hidup dengan tatanan yang baru yang sesuai dengan perintah Tuhan dalam takut dan gentar kepada-Nya. Kalau anda adalah orang yang tidak jujur, sadarlah bahwa Tuhan tidak akan memberkati orang yang tidak jujur. Kalau anda adalah orang yang sulit memberi persembahan kepada Tuhan, sekarang ini bertobatlah dan mulailah melakukannya, saya percaya Tuhan akan mengampuni dan memberkati anda.

Kelepasan hanya dari Tuhan, hiduplah dalam Tuhan, tinggalah di dalam DIA dan ungkapkanlah semua kebutuhan-kebutuhan anda, saya percaya DIA bukan Allah yang tuli dan buta, DIA akan segera melepaskan anda dari keterikatan anda. Tuhan Yesus memberkati.

Selesai









Sumber: "Finansial Freedom - Terlepas dari ikatan mamon" karya tulis Pdt. Jonner Sirait

2 komentar:

  1. memang mamon memiliki ikatan yang hebat...sebab itu kita perlu waspada, dan selalu bersandar pada Kristus agar tidak memiliki hati yang rakus akan harta...

    BalasHapus
  2. Dasar mamon... dicuekin die dateng. dikejr gw tambah cape. dikumpulin eh malah ngiket. Uang... uang uang mending dikasih ama Tuhan yang ngatur ya ga? kan idup jadi enteng deh

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.