Ads Top

HIDUP ADALAH KESEMPATAN

Gal. 6 : 10 ; Maz 90 : 10, 12

Selagi ada kesempatan marilah berbuat baik. 
Hidup ini adalah kesempatan berbuat baik kepada semua orang sebab ada waktunya kita tidak dapat lagi berbuat apa-apa. Demikian kita di ingatkan oleh Rasul Paulus (Gal. 6 : 10). Masa hidup manusia terbatas. Dalam do’a Musa masa hidup kami 70 tahun jika kami kuat 80 tahun sehingga dalam hidup yang terbatas ini Musa dalam do’anya berkata ajarlah kami menghitung hari-hari kami hingga beroleh hati yang bijaksana (Maz 90 : 10,12).

Masa hidup tokoh-tokoh alkitab zaman dahulu sangat panjang Adam. 930 tahun, Matusala 969, Nuh 950, Abraham 175, Musa 120. Pada zaman Nuh Tuhan berfirman RohKu tidak selamanya tinggal dalam diri manusia karena manusia itu adalah daging tetapi umurnya akan 120 tahun saja. Tuhan melihat bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan kecenderungan hatinya adalah kejahatan semata-mata sehingga ia menyesal menciptakan manusia itu dan kemudian ia memusnahkan mereka bersama dengan bumi namun Nuh orang benar di mata Tuhan dan Dia di selamatkan dengan membuat Bahtera. (Kej. 6:3-7, 13-14)

Pergunakan waktu yang ada
Injil Johanes mengingatkan agar menggunakan waktu yang ada selagi ada kesempatan
Bekerjalah dikala hari masih siang selagi ada kesempatan ada batas waktu kehidupan ada waktunya kita tidak dapat berbuat. (Joh 9 : 4).  Pergunakan waktu yang ada jangan terjadi penyesalan waktu berputar terus dan tidak kembali lagi. (Lux 16 : 23-25). Raja Salomo mengingatkan agar kita dalam kesempatan hidup ini untuk bekerja keras (Pengk. 9 : 10/a) sebab segala sesuatu ada masanya  itu adalah kesempatan. (Pengk. 3: 1-2)

Dalam kesempatan hidup ini jangan tawar hati  walau menghadapi maut.
Yang usia tua pun di pelihara seperti masa muda masih dalam genggaman tangan Tuhan walaupun tubuh kita makin lemah tidak kuat seperti orang muda namun semangat, iman dan roh Tuhan ada dalam diri kita sehingga kita tetap kuat, tangguh karena pemeliharaan Tuhan. (2 Kor 4 : 16)

Semasa hidup jadilah benar di hadapan Tuhan karena masa tua pun kita akan dipakai dan dipelihara dengan kesegaran dari Tuhan. (Maz 92: 15)

Tujuan hidup manusia
Tujuan hidup kita adalah kemuliaan Allah, tujuan hidup adalah Kristus dan Kerjaannya. Rasul Paulus berkata karena begitu hidup adalah Kristus mati adalah keberuntungan. (Filp 1 : 21)
Hidup adalah kesempatan karena itu perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup jangan seperti orang bebal tapi seperti orang arif dan pergunakan waktu yang ada karena hari-hari ini adalah hari yang jahat. (Ef 5 : 15-16)


Khotbah Pdt.JR Simanjuntak di Kebaktian Raya GSJA "Kemuliaan" 13 Sep 2009

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.