Ads Top

YABES SEORANG PEMUDA YANG MEMINTA BERKAT

1 Tawarikh 4:9-10

Yabes kepala suatu keluarga dari suku Jehuda, seorang yang dimuliakan yang doanya dikabulkan Allah. Yabes lebih dimuliakan daripada saudara-saudaranya. Nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya aku telah melahirkan dia dengan kesakitan. Yabes bukan saja dimuliakan daripada saudara-saudaranya, tetapi apa yang didoakannya semuanya dikabulkan(berhasil).

1. Doa Yabes yang pertama : berkati aku berlimpah-limpah.
-) Doa ini didambakan siapa saja, karena semua orang ingin diberkati secara berlimpah supaya kita dapat menjadi saluran berkat.
-) Adalah kerinduan Allah untuk memberkati kita berlimpah-limpah, sebab Tuhan itu baik dan suka mengampuni dan penuh kasih setia bagi semua orang yang berserah kepada Tuhan(Maz 86:5).
-) Berkat Allah akan turun bila kita kerjakan hal-hal berikut:
- Jika kita memberi persepuluhan(Mal 3:10).
- Jika kita murah memberi(Ams 11:25)
- Jika kita percaya kepada Tuhan(Ams 28:25)
- Jika kita rajin(Ams 10:4)

2. Doa Yabes yang kedua : perluas daerahku
-) Setiap orang ingin diperluas dalam segala kehidupan
- Diperluas dalam segi usaha, jika daerahmu sudah diperluas sesuai dangan janjiNya, maka jika akan makan daging karena ingin makan daging maka makanlah sesuka hatimu(Ul 12:20).
- Diperluas dalam segi akal budi seperti Salomo diberi hikmat pengertian yang amat besar seperti akal yang luas seperti dataran pasir ditepi laut(1 Raja-raja 4:29).
- Diperluas dalam roh yang luar biasa seperti Daniel terdapat roh yang luar biasa, pengetahuan dan akal budi sehingga dapat menerangkan mimpi, mengungkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan akhirnya Daniel dipanggil oleh raja(Dan 5:12). Maka Daniel melebihi pejabat tinggi dan para wakil raja karena mempunyai roh yang luar biasa dan menempatkannya atas seluruh keinginannya(Dan 6:4).
-) Kehendak Allah untuk memperluas daerah kita. Dia akan menghalau dari depan kita dan meluaskan daerah kita dan tak seorangpun mengingini negerimu(Kel 34:24).

3. Doa Yabes yang ketiga : Jauhkan aku dari malapetaka
-) Manusia makhluk yang gampang jatuh dalam malapetaka. Pemazmur berkata : malapetaka mengepung aku tidak terbilang banyaknya sehingga aku tak sanggup malihat, sehingga hatiku menyerah(Maz 40:13).
-) Jika Allah meninggalkan kita, malapetaka mengepung kita(Ul 31:17). Dan orang yang melakukan kekerasan diburu malapetaka(Maz 140:12).
-) Orang yang melakukan dosa dikejar malapetaka tapi Ia membalas orang benar dengan kebahagiaan(Ams 13:21).
Hanya Tuhan yang dapat melindungi manusia dari malapetaka sehingga kita tak lagi menanggung cela(Zef 3:18).
4. Doa Yabes yang keempat : Jauhkan aku dari sakit penyakit
-) Dia yang mengampuni kesalahan kita dan menyembuhkan segala penyakit kita(Maz 103:3).
-) Jaminan kesembuhan ada pada saat kita percaya bilur Yesus Kristus. Dia tertikam karena pemberontakan kita dan diremukan karena kejahatan kita dan oleh bilur-bilur Yesus kita menjadi sembuh(Yes 53:5).
-) Hanya Tuhan yang dapat menyembuhkan atau membuat seseorang sakit karena Ia dokter diatas segala dokter. Bila Dia menyatakan kita selamat pasti kitapun selamat(Yer17:14).

Sumber:
Khotbah Kebaktian Raya Pagi GSJA Kemuliaan, Oleh: Pdt. J.R Simanjuntak, MA

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.