Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Jumat, 28 Agustus 2009

Bagaimana supaya berdoa dengan tekun?

Do you want to share?

Do you like this story?

doa sungguh-sungguh, doa tekun, pray with Jesus1. Minta supaya Roh Kudus memberikan kekuatan untuk berdoa dengan tekun.
Pada dasarnya tidak ada manusia yang mampu untuk berdoa dengan tekun, tanpa pertolongan Roh Kudus. Jadi mintalah supaya Roh Kudus memberikan kekuatan kpd kita utk berdoa dgn tekun, karena Allah-lah sumber ketekunan, Rm. 15:5, Flp. 2:13. Dan percayalah bhw Allah akan memberikan apa yg kita minta, apalagi yang kita minta adalah supaya kita diberi kekuatan untuk bertekun berdoa, Mat. 7:7-11 (ay.7).

2. Minta beban dari Roh Kudus.
Jika kita rindu untuk berdoa dgn tekun, maka mintalah beban2 dari Roh Kudus utk ditempatkan di dlm hati kita. Dan biasanya beban yg ditempatkan Tuhan Yesus di dlm hati kita tdk bertolak belakang dgn Firman-Nya. Jadi penting kita senantiasa untuk bertekun di dlm membaca dan merenungkan Firman Tuhan supaya kita bisa peka atau sensitif dgn beban Roh Kudus yg ditaruh di dlm hati kita. Mis: Roh Kudus menaruh beban bagi Abraham utk orang percaya yg ada di Sodom dan Gomora yg akan dimusnahkan oleh Tuhan dgn api belerang. Sehingga Abraham berdoa syafaat bagi keselamatan mereka, Kej. 18:16-33. Roh Kudus menaruh beban di dalam hati Paulus untuk selalu berdoa bagi jemaat di Efesus, supaya Allah memberikan Roh hikmat dah wahyu untuk mengenal Allah dengan benar, supaya Allah menjadikan mata hati jemaat Efesus terang, agar mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan Allah bagi mereka, Ef. 1:16b-18. Dan semakin kita bertekun di dalam doa-doa kita, semakin kita peka dengan isi hati Tuhan dan hal itu akan lebih lagi mendorong kita untuk bertekun di dalam doa. Ketika kita menanggapi beban yg diberikan oleh Roh Kudus di dlm hati kita dengan berdoa dalam ketekunan, maka Tuhan akan memberkati kita dgn sukacita dan kita akan diijinkan oleh Tuhan utk melihat kuasa-Nya dan mujizatNya di dlm kehidupan kita.
3. Menyadari tekanan yg dikerjakan Iblis.
Salah satu isi dari “Doa Bapa Kami” yg diajarkan oleh Tuhan Yesus yaitu: “datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga,” Mat. 6:10. Tapi apa yg kita alami di dlm rumah tangga kita?
 Jika masih ada anggota keluarga kita yang belum sungguh2 datang kepada Tuhan Yesus,
 jika masih ada anak2 kita yang memberontak kepada kita sebagai orang tua dan kepada Tuhan,
 jika suami atau istri kita belum taat kepada Tuhan,
 jika kita masih mengalami kemiskinan,
 jika anggota keluarga kita lebih senang dengan hal-hal dunia dari pada hal-hal rohani.
INI MENJELASKAN KEPADA KITA BAHWA KERAJAAN ALLAH DAN KEHENDAKNYA BELUM TERJADI DI DALAM RUMAH TANGGA KITA SEPERTI DI SORGA. MAKA KITA HARUS TERUS BERTEKUN DI DALAM DOA, KARENA IBLISLAH YANG MENGHALANGI KERAJAAN DAN KEHENDAK BAPA TIDAK DITEGAKKAN DI DALAM RUMAH TANGGA KITA SEPERTI DI SORGA.

Apa yang kita lihat di dalam kota kita? Jika kita melihat bahwa nilai-nilai kerajaan Allah seperti kasih, ketaatan, sukacita dll belum ditegakkan di area:
1. Rohani dan social: BANYAK ORANG YANG BELUM MENERIMA YESUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT, PERILAKU YANG MENYIMPANG SEPERTI WARIA
2. Rumah tangga/keluarga: KEKACAUAN DLM RUMAH TANGGA: PERCERAIAN, KDRT
3. Pendidikan:MASIH BANYAK ORANG YANG TIDAK SEKOLAH SEHINGGA TERJADI KEBODOHAN
4. Bisnis: BANYAKNYA PENGANGGURAN KARENA LAPANGAN PEKERJAAN SEDIKIT.
5. Pemerintahan dan politik: TERJADI KKN
6. Seni dan budaya: MASIH BANYAK YG MENAMPILKAN PENGARUH KUASA KEGELAPAN
7. Media: TAYANGAN YANG BERTENTANGAN DENGAN AJARAN FIRMAN TUHAN, SEPERTI: SUAMI-SUAMI TAKUT ISTRI, SINETRON2 TTG PERSELINGKUHAN DLL
.............................................................................................
Maka kita perlu berdoa dengan tekun – sebab Iblislah yang terus bekerja SUPAYA KERAJAAN ALLAH DAN NILAI-NILAI KERAJAAN ALLAH TIDAK DITEGAKKAN DI KOTA KITA.

Melihat keadaan keluarga dan kota kita dimana nilai-nilai kerajaan Allah belum ditegakkan maka sebagai gereja Tuhan, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bertekun di dalam doa-doa.

4. Menyadari betapa pentingnya peran pemimpin rohani di dalam gereja.
Peran pemimpin rohani bagi gereja/tubuh Kristus sangat penting yaitu untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, Ef. 4:11-15. Dan Iblis tidak mau hal ini terjadi, itu sebabnya Iblis mendatangkan kekacauan pemahaman bagi orang-orang kudus mengenai peran pemimpin rohani dalam tubuh Kristus. Tetapi jika kita menyadari betapa pentingnya peran pemimpin rohani bagi pembangunan tubuh Kristus, hal ini akan mendorong kita untuk berdoa dengan tekun.

Itulah yang dilakukan oleh gereja mula-mula bagi pemimpin rohani mereka yaitu Petrus. Iblis ingin menghentikan langkah Petrus untuk memperlengkapi tubuh Kristus, tetapi mereka bertekun di dalam doa sehingga Petrus terlepas dari cengkeraman Iblis. Kis. 12:5.

Jika gereja mula-mula ditanya seberapa besar harga Petrus bagi mereka, maka mereka akan menjawab bahwa harga Petrus sebagai pemimpin rohani bagi mereka yaitu seharga doa yang mereka naikkan. Artinya mereka bertekun berdoa untuk Petrus sebagai pemimpin rohani mereka karena mereka menyadari peran Petrus yang sangat penting bagi tubuh Kristus.


Kesimpulan:

Bagaimana supaya berdoa dengan tekun?

1.Minta supaya Roh Kudus memberikan kekuatan untuk berdoa dengan tekun.
2. Minta beban dari Roh Kudus
3. Menyadari tekanan yg dikerjakan oleh Iblis
4.Menyadari betapa pentingnya peran pemimpin rohani di dalam gereja


Sumber:
Khotbah Gembala Sidang GSJA "Kemuliaan" Pdt. Dias Pora Padang, M.Th dalam Kebaktian Raya. Khotbah Berseri: MENJALANI KEHIDUPAN GEREJA YANG NORMAL - KISAH PARA RASUL 2:41-47






YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comments:

ngobrolislami mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Poskan Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda.
Kami akan menghapus komentar yang bersifat spam, jorok, kasar, pornografi, dll.

Advertisements

Advertisements