Ads Top

Ketidakpastian dalam dunia.

Jika kita mengamati kebanyakan orang di sekitar kita, kebanyakan mereka menyandarkan kehidupan mereka kepada hal2 yang tidak pasti di dalam dunia ini.

Sehingga sebagai akibatnya ketika hal2 yang tdk pasti itu mengalami goncangan, kehidupan mereka juga mengalami goncangan.

Tuhan tdk ingin jika kita menyandarkan kehidupan kita kepada hal2 yg tdk pasti di dalam dunia ini.

Pada saat ini kita akan belajar tujuh hal yg tdk pasti di dalam dunia ini.

1. Persahabatan, Yoh. 16:32
Di dlm ayat ini mengatakan bahwa murid2 Yesus akan dicerai-beraikan masing2 ke tempatnya sendiri dan meninggalkan Yesus sendirian. Padahal Yesus sudah menolong, membimbing mereka, dan murid2 juga sudah melihat kuasa mujizat dimiliki Yesus.

Mengapa persahabatan di antara sesama tdk pasti?
(1) Karena manusia memiliki unsur emosi/perasaan yg dapat berubah2 sesuai dgn kondisi. Karena persahabatan melibatkan emosi maka persahabatan itu tdk pasti.
(2) Adanya tekanan atau permasalahan hidup spt yg dialami oleh murid2 Tuhan Yesus.

Jadi jika sekarang ini kita memiliki sahabat bersyukurlah utk hal itu, tap jangan jadikan persahabatan itu sebagai Tuhan di dalam hidup kita.


2. Kehidupan, Yak. 4:14
Mengapa kehidupan juga tdk pasti? (1) Karena kehidupan digambarkan spt uap yg sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Artinya bahwa ada saatnya seseorang akan meninggalkan dunia ini.

Orang menyandarkan kehidupannya pada kehidupan sekarang ini adalah orang yg congkak dan ini adalah sia2, Yak. 4:16.

Jika hari ini kita masih bisa hidup ucapkan syukur utk hal itu dan isi kehidupan sekarang ini dengan melakukan pekerjaan Tuhan.


3. Masa depan, Ams. 27:1
Mengapa masa depan merupakan hal yang tidak pasti? Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi pada hari itu.

Misalnya: Ada orang yg mengatakan bahwa “dia memiliki masa depan yg cerah” alasannya karena ia cerdas, memiliki banyak talenta, pandai bergaul, latar belakang keluarga yg baik secara sosial dan ekonomi tetapi tiba2 Tuhan berkehendak yg lain, ia dipanggil pulang oleh penciptanya.

Jadi jangan memuji diri karena esok hari, jika hari ini kita bisa bekerja, sehat, melakukan aktifitas kita, pujilah Tuhan utk hal itu


4. Janji-janji manusia, Maz.146:3
Janji manusia juga merupakan hal yg tdk pasti, mengapa? Karena manusia memiliki keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan, keterbatasan usia dan keterbatasan daya ingat.

Jika kita mengandalkan hidup pada janji2 manusia maka kita dpt menjadi kecewa ketika manusia itu tdk menepatinya. Jadi berhati-hatilah dengan janji2 manusia.


5. Kekayaan, Ams.23:4-5.
Mangapa kekayaan merupakan hal yg tdk pasti? Karena kekayaan memiliki “sayap” utk terbang spt burung rajawali shg kekayaan itu dapat lenyap dari kehidupan kita. “Sayap” kekayaan itu dapat berupa bencana alam yg menelan kekayaan kita, dapat juga berupa sakit-penyakit, dapat juga penipuan, perampokan dan sebagainya.

Itu sebanya Raja Salomo mengatakan, “Jangan bersusah payah utk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini,” tetapi Raja Salomo tdk melarang orang utk bekerja bahkan ia menyuruh bekerja dgn rajin. Orang2 yg menempuh jalan “bersusah payah” utk menjadi kaya akan mengalami hal2 yg buruk di dlm kehidupannya (1 Tim. 6:9-10).

Orang yg mengandalkan kekayaan dpt mengalami hal yg buruk di dalam kehidupannya, jadi jangan mengandalkan kekayaan, tetapi andalkan Tuhan yg memberikan kekayaan itu.


6. Kecantikan, Ams. 31:30
Terjemahan dlm BIS, “Paras yg manis tdk dpt dipercaya, dan kecantikan akan hilang.” Inilah penyebab mengapa kecantikan dan paras yg manis merupakan hal yg tdk tentu.

Jika di dlm kehidupan ini, sesorang mengandalkan paras yg manis atau kecantikan lahiriah tanpa kecantikan batiniah, maka kehidupannya menjadi tidak tentu. Jadi muliakan Tuhan melalui penampilan lahiriah kita.


7. Kemuliaan dunia, 1 Ptr. 1:24.
Apa yg dimaksud dgn kemuliaan dunia? Yaitu segala sesuatu yg dibangga-banggakan dunia, seperti kekayaan, jabatan, stutus sosial, kecantikan atau ketampanan, kekuasaan, pendidikan dan tempatnya dan sebagainya.

Kemuliaan dunia yg dibangga-banggakan oleh dunia ini juga tdk tentu karena ia spt bunga rumput yg dapat gugur. Jadi jangan membangg2-banggakannya sebab jika demikian kita sama dengan orang-orang dunia.


8. Yang tentu atau yg kekal, 1 Ptr. 1:25.
Jadi mari kita membangun kehidupan kita di atas yg pasti atau kekal yaitu Firman Tuhan.

Firman Tuhan yg kita dengar dan kita lakukan akan membuat iman kita bertumbuh sehingga kita kaya dalam iman (Rm. 10: 17-19a)

Dan Tuhan senang ketika kita kaya dlm iman, Ibr. 11:6.


Kesimpulan :
Kita sudah mengetahui bahwa bahwa ada hal2 yg tdk tentu di dlm dunia ini tetapi yg diandalkan dan yg dibangga-banggakan oleh manusia, tetapi Tuhan tdk ingin jika kita mengandalkan dan membangga-banggakan hal2 yg tdk tentu itu. Tuhan ingin kita sebagai orang percaya mengandalkanNya dan mengandalkan Firman-Nya.



Sumber:
Khotbah Gembala Sidang GSJA "Kemulian", Pdt. Dias Pora Padang, M.Th

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.