Ads Top

JAGALAH MATA KITA

lirikan Maut, Mata, Obama, Jagalah Mata Obama menjadi bahan olok-olok media massa di dunia karena pada sesi pemotretan untuk pertemuan puncak negara G-8, tampak Presiden Amerika tersebut melirik bokong salah satu delegasi bernama Mayora Tavares gadis seksi berumur 16 tahun dari Brazil.

Pada Kamis (9/7/2009) waktu setempat itu, para pemimpin G-8 baru saja selesai berfoto, kemudian peserta foto ditambah sebagian dari J-8 (sebutan untuk delegasi muda dari negara-negara G-8), yang terdiri atas 54 remaja berusia 14-17 tahun.

Ketika para delegasi muda itu maju, lewatlah Mayora Tavares, gadis seksi berusia 16 tahun asal Brasil. Rupanya penampilan Mayora menarik perhatian Obama. Ketika gadis itu lewat di samping kirinya, pandangan Obama pun mengikuti, khususnya pada (maaf) pantat Mayora.

Obama tidak sadar bahwa Presiden Perancis Nicolas Sarkozy memperhatikan tingkahnya sambil tersenyum dan mungkin sekali berkata dalam hati, “Dasar anak muda.” Bukan hanya tidak sadar diperhatikan koleganya, Obama juga tidak sadar bahwa tingkahnya itu diabadikan seorang fotografer. Foto itu kemudian menjadi tersebar ke seluruh dunia. Bahkan situs Huffington Post memberi judul ”Apa sih yang kalian perhatikan?”

Bahkan di Yahoo News, foto itu menempati urutan pertama foto berita dalam ketegori paling banyak di-e-mail dan disarankan untuk dilihat. Tentu saja versi videonya juga mampir di YouTube. Sesi foto Kamis atau hari kedua Pertemuan Puncak ke-35 G-8 itu mengundang geli para delegasi. Obama lagi-lagi sumbernya. Presiden berusia 48 tahun itu hampir terlambat berdiri di panggung bersama kepala negara lainnya. Ia menarik perhatian para delegasi karena berlari menuju panggung dengan iringan tepuk tangan rekan-rekannya dari atas panggung foto.

Anggota G-8 adalah negara-negara maju dunia yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jerman, Perancis, Jepang, Kanada, dan Rusia. Pertemuan itu juga dihadiri lima negara berkembang yang disebut G-5, yaitu Brasil, China, India, Meksiko, dan Afrika Selatan.


Apa pandangan Alkitab mengenai Mata?

Lukas 11:34 “Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu”.

Mata kita adalah pelita tubuh kita, jika mata kita baik maka teranglah tubuh kita, dan jika mata kita jahat, maka gelaplah seluruh tubuh kita. Kita renungkan bagaimana pentingnya panca indra mata. Sehingga Tuhan mau supaya kita mulai pertobatan. Mulai dari mata kita dahulu. Ini adalah sumber yang masuk kedalam hidup kita.

Ada pepatah mengatakan ‘dari mana datangnya cinta, dari mata turun ke hati’ masuk melalui mata kita, masuk ke pikiran, turun ke hati kita dan kita mulai melangkah lakukan semuanya itu. Ini suatu peringatan buat kita, untuk hati-hati dengan mata kita. Jadi kita harus hati-hati menggunakan mata kita.

Alkitab sendiri menceritakan bagaimana ada beberapa tokoh dalam Alkitab, mereka mulai jatuh dengan mata mereka.

Contoh yang paling pertama : Daud orang yang paling dekat dengan Tuhan, jatuh kedalam perzinahan, karena dia ijinkan Iblis masuk melalui gerbang matanya. Pada waktu seluruh/semua anggota pasukannya sedang berperang. Daud sedang bersantai di sotoh bangunan istana yang megah, dan dia lihat dari atas ada seorang wanita yang sedang mandi, kalau kita takut akan Tuhan dan menjaga mata kita, kita bukanya melotot dan mulai memperhatikan, sehingga yang terjadi Daud jatuh dalam dosa perzinahan dengan Batsyeba, dan lalu dia mengaku dan bertobat dan dipulihkan oleh Tuhan. Itu contoh yang pertama.

Contoh yang kedua adalah Simson. Dia jatuh dalam perzinahan sampai tiga kali. Dan semua wanita-wanita yang Simson jatuh cinta adalah orang Filistin, dan seluruh akhir dari percintaanya semuanya membawa masalah. Dan pada waktu Simson jatuh cinta dengan wanita pertama dari Timna, wanita kedua adalah perempuan sundal dari Gaza dan juga Delila itu semua diawali dari matanya. Dia melihat dan pada waktu Simson ditangkap oleh orang-orang Filistin, yang pertama kali dilakukan oleh orang Filistin adalah mereka mencongkel mata Simson. Ada hukuman yang Tuhan jatuhkan kada Simson. Kita harus hati-hati dengan mata kita !!.

Kalau kita lihat daya tarik dari dunia, daya pikat dari Iblis yang membuat kita jatuh; gambar-gambar porno, film-film itu semuanya begitu bebas. Tapi Kita, bagaimana kita menyikapinya, kita ada di tengah-tengah dunia yang penuh dengan kebobrokan di kiri dan kanan kita. Semuanya hal-hal yang tidak baik, dan Kita justru harus menghindari supaya kita dapat menjaga kekudusan mata kita.

Kita lihat dan kita gunakan mata kita untuk hal-hal yang benar. Karena kalau mata kita gelap, mata kita ini semuanya tidak benar, pelita dalam hidup kita ini mati/padam. Ada orang yang tidak kuat melihat wanita, ada orang yang tidak kuat melihat uang, ada orang yang tidak kuat dengan godaan-godaan dunia ini yang begitu menarik, kita harus berhati-hati dan mari bersama-sama memelihara mata kita.

Dalam pelajaran Sekolah Minggu. Ada guru sekolah minggu yang membawa satu kertas, dan di tengah-tengah dari kertas itu ada titik spidol warna hitam, lalu ditanya kepada anak-anak sekolah minggu. Dan semua anak mengatakan bahwa ada titik hitam ditengah-tengah kertas. Dan gurunya ini tahu, bahwa orang lebih gampang mempergunakan matanya untuk menilai kejelekan orang lain.

Kita lebih gampang menilai kejelekan dari suami kita, dari istri kita, dari teman kita, dibandingkan kebaikannya. Kebaikannya ‘putih’ begitu banyak dalam satu lembar kertas, tetapi begitu hanya ada satu ‘titik hitam’, mata kita lebih kuat melihat kepada titik hitam itu dibandingkan kertas yang putih.

Matius 7:3-5 Seringkali mata kita hanya digunakan untuk menghakimi teman kita, suami kita, istri kita. Kita hanya bisa melihat semuanya yang jelek. Mulai hari ini kita harus bertobat !!. Kita tidak melihat kejelekan orang, kita introspeksi mulai dari hidup kita. Kita lihat kebaikan orang, kita sudah saling memaafkan satu dengan yang lain memasuki tahun 2003. Dan kita tidak lagi melihat kejelekan orang tetapi kebaikannya dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Ada yang mengatakan kalau wanita itu kalahnya di mata, mungkin ada betulnya, memang firman Tuhan berkata : pada waktu Hawa melihat, pertama kali yang membuat dia jatuh kedalam dosa, menikmati buah terlarang, itu karena dia melihat, dan begitu dia melihat, dia mengingini dan mengambilnya dan diberikan kepada Adam, sehingga mereka jatuh kedalam dosa. Mata memang menggoda, tetapi saya percaya bukan hanya wanita tetapi laki-laki juga; untuk itu kita semua harus bertobat. Jaga kekudusan mata! Sebab ini menjadi pintu gerbang untuk masuknya segala sesuatu.

Amsal 4 : 25-27. Kalau kita ke pasar Bogor ada delman yang ditarik oleh seekor kuda. Dan kalau kita perhatikan setiap kuda itu mengenakan kacamata, kenapa kuda harus dikasih kacamata? supaya jalannya bisa lurus terus, dan tidak berjalan ke kiri dan ke kanan, kecuali kalau kusirnya menarik untuk ke kiri atau ke kanan. Tetapi sepanjang kusirnya tidak menariknya maka kuda ini akan terus berjalan ke depan. Artinya, kita semua haruslah hanya memandang terus ke depan, kepada Tuhan Yesus Kristus. Jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri, ini memang berat, karena godaan memang berat tetapi Tuhan mau kita terus memandang ke depan dan jangan menyimpang ke kanan atau keri. Pakailah mata kita dengan hati-hati dan semua mata kita dipakai untuk memuliakan nama Tuhan.


Sumber:
http://anythingiwanttowrite.blogspot.com/2009/07/lirikan-maut-presiden-obama.html
http://www.gbi-bogor.org/artikel/2-sermon/284

6 komentar:

  1. ...penampilan Mayora menarik perhatian Obama. Ketika gadis itu lewat di samping kirinya, pandangan Obama pun mengikuti, khususnya pada (maaf) pantat Mayora.
    -----------------------------------------------------------

    Obama juga manusia...

    BalasHapus
  2. Hati... hati gunakan matamu
    karna bapa di sorga melihat

    BalasHapus
  3. Pakailah mata kita untuk memuliakan Tuhan

    BalasHapus
  4. Obama jg manusia, betul..

    Tp hal ini tidak pantas dilakukan oleh seorang pemimpin. Krn pemimpin adalah panutan. Kita harus mampu mengontrol keinginan mata kita.

    BalasHapus
  5. Kadang kita terlalu cepat menilai.. lalu mghakimi.. Siapa yg mgetahui isi hatinya Obama? Cuman Tuhan Yesus dan dirinya.. bagi saya.. mungkin aja Obama melihat Mayora lantas brpikir.."wah apakah anak gadisku kelak kayak spt ini..penampilan yg seksi dan tdk pantas." Atau mgkin aja Obama lg memandang pakaian dn sndalnya Mayora, lalu brpkr " apa pantas ya trend kayak gini di pake wkt2 gini?" Iyakan..Coba pkr.. apa Obama lupa statusnya tatkala didepan para delegasi.. kita dn dunia jga thu koq dia itu pemimpin.. jd Obama sy kira uda thu statusnya.. dn dia pst jga
    ingat statusnya seorg bapa. Lain ceritanya klu Obama itu pd msa lalu dia seorg pemuda yg "playboy".. lalu jd pemimpin.. pst sifat yg dlu2 trbwa2.. Itu cuman pndgan saya.. tp apa yg penting adalah kita tdk prlu cepat meresponi hal2 yg blum tentu tepat.. mgapa kita tdk cpt meresponi Firman Tuhan? Apa kita lupa wartawan dn juru gmbr itu bgm? Semua demi larisnya berita dn keuntungan!
    So.. mari kita bijaksana seblm mnilai.. dn mghakimi.. klu apa yg kita nilai itu bnr ya syukurlah tp jika pnilaian kita itu slh..ayoh gmna? kta toh anak2 Allah.. mari kita gna pgethuan yg Tuhan berikan itu dgn bijaksana dn pgertian kta dgn tepat.. (Amsal 17:27) Tuhan memberkati kita semua..

    BalasHapus
  6. Bagus dan menarik. Pake ilustrasi update lagi ttg Obama cman mo nyentil mengenai mata. Padahal utama yg diomongin soal mata menurut pandangan Alkitab. Ini cmn strategi doang kayaknya agar pembaca diarahkan kpd topik pembahasan. So... “Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu”.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.