Ads Top

What told by Bible about Persian and Persian people?

Persian at Bible era


"Now in the first year of Cyrus king of Persia, that the word of the LORD by the mouth of Jeremiah might be fulfilled, the LORD stirred up the spirit of Cyrus king of Persia, that he made a proclamation throughout all his kingdom, and put it also in writing, saying, Thus saith Cyrus

king of Persia, The LORD God of heaven hath given me all the kingdoms of the earth; and he hath charged me to build him an house at Jerusalem, which is in Judah. Who is there among you of all his people? his God be with him, and let him go up to Jerusalem, which is in Judah, and build the house of the LORD God of Israel, (he is the God,) which is in Jerusalem." (Ezra 1:1-3)


Iran Sekarang


PERSIA:

* Sebuah kekaisaran yang mencakup luas dari India sampai Etiopia, terdiri dari 127 provinsi (Daniel 6, Esther 1:1)
* Pemerintahannya dibatasi oleh aturan-aturan atau konstitusi (Esther 8:8, Daniel 6:8-12)
* Ibukotanya diatur oleh gubernur ganda (Neh. 3:9, 12, 16-18)
* Penasihat berstatus pangeran membidangi administrasi negeri (Daniel 61-7)
* Status wanita, duduk bersama raja di takhta (Neh. 2:6)
* Wasti diceraikan karena menolak muncul di hadapan takhta raja (Esth. 1:10-22; 2:4)
* Israel ditawan (2 Taw. 36:20)
* Nubuat tentang penawanan (Hos. 13:16)
* Orang-orang di militer Tirus (Yeh. 27:10)
* Raja Ahasyweros (Esth. 1:3)
* Darius (Dan. 5:31; 9:1)
* Artaxerxes I (Ezra 4:7-24)
* Artaxerxes II (Ezra 7, Neh. 2; 5:14)
* Koresh (2 Taw. 36:22, dsb)
* Sistem keadilan (Ezr. 7:11-26
* Nubuat mengenai Persia (Yes. 13:17; 21:1-10; Yer. 49:34-39, dsb)

Dari semua kerajaan yang mempengaruhi umat israel masa lalu, Persia-lah yang memainkan peran unik - mereka mengijinkan orang kerajaan selatan Yehuda untuk kembali ke Israel, oleh perintah Allah, 70 tahun setelah pengasingan mereka di Babilonia di bawah raja Nebukadnesar.

Pada puncaknya, kerajaan Persia mencapai India dari Yunani, dan dari Laut Kaspia ke Laut Merah dan Laut Arab. Orang-orang Persia dipercaya berasal dari Media, yang hari ini adalah Barat Iran dan Selatan Azerbaijan. Mereka menetap di Persia, di timur teluk Persia.

Orang-orang Persia adalah keturunan Arian, berbicara salah satu bahasa dari kelompok bahasa Indo-Eropah Timur. Dua generasi berkembang dari pemimpin awal, Teipes yang menaklukkan Elam di jaman kejatuhan kerajaan Asyur, satunya lagi Persia. Koresh II, raja Anzan, menyatukan bangsa dan menaklukkan Media, Lydia dan Babilonia. Anaknya, Cambyses menaklukkan Mesir yang kemudian dibawah pemerintahan Darius, anak Hystaspes, Persepolis yang adalah kota Persia kuno yang dianggap sebagai ibu kota oleh Darius dan keturunannya.

Dari perspektif Alkitab, orang-orang Persia berada pada rantai kerajaan manusia yang membentuk sejarah Alkitab - Mesir di mana peristiwa eksodus umat Israel, Asyur yang menaklukkan 10 suku terhilang, Babilonia yang menaklukkan kerajaan Yehuda, Persia yang mengijinkan kembalinya umat Allah ke Yerusalem, Yunani yang mencakup banyak antara PL dan PB, dan Romawi yang mencakup jaman Yesus dan sesudahnya.

Melihat kemajuan bangsa Iran (Persia) saat ini, muncul pertanyaan: akankah peristiwa Alkitab akan berulang? Sebab kelihatan sekali dalam Alkitab, Allah telah membuat suatu hubungan sejarah antara Israel umat pilihanNya dengan bangsa Persia. Waktu akan membuktikannya...


sumber:
farsinet.com/iranbibl/
http://cwsgading.com/2009/04/13/iran-di-dalam-alkitab/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.