Ads Top

Yesus masih sanggup menolong Anda!

Yoh 2 : 1 -11

Kisah tentang mujizat air menjadi anggur, sudah terlalu biasa bagi kebanyakan orang, sehingga kadang kala kisah ini menjadi kisah yg kurang menarik lagi. Tahukah anda bhw kisah ini menjadi kisah yang pertama kali dicatat alkitab sebagai mujizat pertama yang di lakukan Yesus (ay 11). Saya menemukan bahwa kisah ini menjadi tolak ukur bagaimana Yesus akan melakukan banyak mujizat lagi. Hal yang utama yang perlu kita cacat dalam kisah ini adalah bagaimana Yesus secara tegas menyatakan bahwa “saatKu belum tiba”, atau kata lain saya belum mau melakukannya saat ini!” Namun, akhirnya Yesus bersedia melakukannya. Mujizat ini terjadi oleh karena kepercayaan dan ketaatan seorang wanita (Maria) dan orang yg sedang panik karena kehabisan anggur itu. Yang menarik sekali dari kisah ini adalah bhwa sebelumnya Yesus belum pernah melakukan mujizat. Sebelum kisah ini, alkitab tidak mencatat bahwa Maria dan orang sekitarnya pernah melihat Yesus dapat melakukan mujizat. Tapi dengan penuh keyakinan Maria berkata,”Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!” Sebenarnya inilah inti dari semua yg di catat oleh alkitab, bagai mana Allah -Yesus akan menolong kita. Yaitu “Apa yg dikatakan kepadamu, buatlah itu!” Defenisi dari perkataan ini adalah “TAAT walau TIDAK MENGERTI”. Pengertian inilah yang dimiliki oleh Maria sehingga dia dapat menikmati mujizat yang besar itu.

Bukankah Untuk menghadapi tantangan hidup saat ini, kita perlu mujizat setiap menit? Ketakutan, kekuatiran, ancaman akan dipermalukan, sudah tidak ada harapan lagi – kehabi
san anggur – kehabisan yang terbaik dari setiap segi hidup kita. Yesus masih ada bersama saudara dalam situasi itu. Sebab itu, percaya saja kepadaNya, Taat saja kepadaNya, walau saat ini secara logika semuanya tidak masuk akal – Dia akan menolong saudara.
Ketaatan lebih berarti dibanding korban terbaik yang kita bawa. (1 Sam15:22). Ketaatan ini jugalah yang dimiliki oleh Abraham untuk dapat menerima janji Allah bagi dia dan keturunanya, termasuk kita saat ini. (Kej 12:1-2). Untuk menjadi TAAT perlu pengorbanan. Pengorbanan akan perasaan, waktu, pikiran, tenaga, materi dll. Tapi itulah kunci dari semua mujizat yang akan kita terima. Mungkin sulit secara manusia, tapi jika kita masih menginginkan Tuhan menyatakan mujizatNya untuk menolong kita, maka jadilah TAAT - Yesus masih sanggup menolong Anda! Amen.

Penulis: Pdt. Jonner Sirait, MA. Saat ini melayani di GSJA Kemuliaan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.