Ads Top

Holly Ambition

Ambisi adalah : Keinginan atau hasrat atau nafsu yang besar untuk menjadi sesuatu. Keinginan atau ambisi ini seluruhnya dikendalikan oleh pikiran. Keinginan yang bertujuan baik atau buruk, pikiranlah yang akan mengendalikannya. Ilustrasi : seorang bapak yang menginginkan sebidang tanah lengsertifikat dengan cacatan harus mengitari luas tanah yang diinginkan dari sejak matahari terbit dan kembali ketitik awal sebelum matahari terbenam.

Saat ini yang menjadi musuh besar Allah dan Roh KudusNya atas manusia bukanlah kuasa maut atau si iblis, sebab ketika Yesus mati dan bangkit, kuasa maut atau iblis telah ditaklukkan, tinggal menunggu saatnya untuk dihukum dalam kekekalan. Ibrani 2 : 14

Yang menjadi musuh besar Allah adalah pikiran manusia, yang sarat dengan berbagai pemikiran yang dapat dialihkan oleh iblis kepada hal-hal duniwi yang membuat manusia terjerat kedalam berbagai pencobaan yang akhirnya menuju maut. (Yakobus 1:14)

Holly ambition: adalah keinginan yang kudus. Yang kudus berarti terpisah dari segala pemikiran duniawi ( Kudus artinya terpisah dari dunia)

Itu sebabnya Firman Allah menyatakan bahwa selama kita hidup didunia ini kita harus memikirkan hal yang benar-benar bertujuan kepada kekekalan. (Filipi 4:8)

Tiga hal yang cukup penting untuk dipahami, sehingga kita mampu membentuk pikiran yang benar dan kuat didalam rohani :

1. Sadarilah bahwa tidak ada perkara yang tersembunyi bagi Allah (mazmur 139:2-3; Matius 9:4)
Allah mengetahui apa yang ada didalam pikiran dan hati kita. Apalah artinya jika diluar semuanya baik tapi didalam hati sesungguh adalah jahat.

Seperti ketika Yesus menegur para ahli taurat, mereka digambarkanNya kuburan yg diluarnya bersih tapi didalamnya penuh dengan tulang-belulang.

Kesadaran bahwa tidak ada perkara yang terbunyi dihadapan Allah mendorong kita untuk selalu berpikiran rohani. 2 Tawarikh 16:9

2. Selalu berpikiran positif atau berpikir benar (Kol 3:2)
Ingat, kita diciptakan Tuhan dengan kehendak bebas untuk menentukan pilihan, tapi sebagai orang percaya kita harus dapat menggunakan kehendak kita dengan benar dan bertanggung jawab.

Setan boleh terus membujuk dan merayu kita, tapi keputusan tetap sepenuhnya ada pada kita, artinya iblis tidak dapat memaksa kita tunduk kepada kehendaknya. Mari senantisa selaraskan pikiran dengan Firman Tuhan, (Filipi 2:5-7)

3. Selalu waspada terhadap apa yang dilihat dan yang didengar.

Tidak sedikit perkara-perkara dosa muncul dan bahwa menguasi pikiran berawal dari apa yang dilihat atau didengar

Jadi untuk dapat menjadi pikiran agar tetap rohani, diantaranya waspadai penggunaan kedua panca indera kita ini.

Adam dan Hawa jatuh jug tidak terlepas dari apa yang mereka lihat (pohon kehidupan) dan dengan (bujukan si ular)

Kesimpulan :
Jadi Holy ambisi adalah dimana focus dan arah tujuan hidup kita atau jauh diatas segala sesuatu yang kita inginkan dengan pikiran kita selama hidup didunia ini adalah KEKEKALAN.

Bagaimana kita dapat memiliki ambisi yang kudus ini yaitu milikilah cara pemikiran yang benar dan kuat di dalam Tuhan.


Penulis: Pdt. Jonner Sirait, MA. Saat ini melayani di GSJA Kemuliaan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.