Ads Top

Berapa Jumlah Orang Majus?



Perhatikanlah gambar para majus yang selalu menghiasi kartu-kartu natal. Perhatikan lukisan natal yang menggambarkan bayi Yesus dengan para majus yang mempersembahkan mas, mur, dan kemenyan. Lalu, berapa jumlah orang majus yang digambarkan oleh gambar, lukisan maupun drama natal itu? Selalu tiga orang! Apakah benar jumlah orang Majus itu tiga orang? Bukankah Alkitab sama sekali tidak pernah mencatat bahwa para majus itu berjumlah tiga orang?

Angka tiga ini mungkin diduga dari jumlah persembahan yang diberikan saat mereka menemukan bayi Yesus, yaitu mas, kemenyan dan mur. Tapi bukankah tiga jenis hadiah yang mereka bawa belum tentu berasal dari tiga orang juga bukan? Bagaimana dengan kebiasaan kita ketika rame-rame mengunjungi salah seorang kenalan yang sedang melahirkan di rumah sakit? Anggap saja rombongan kita berjumlah sepuluh orang, lalu apakah itu berarti kita juga memberikan sepuluh bingkisan? Bukankah lebih sering kita kumpulkan uang kita bersama-sama untuk dibelikan satu bingkisan saja? Jadi jumlah jenis persembahan tidak bisa mewakili jumlah orang yang hadir, bukan?

Bisa jadi para majus itu tidak hanya datang bertiga, melainkan mereka datang serombongan. Kemungkinan yang bisa saja terjadi. Bukankah perjalanan dari Timur menuju ke Betlehem itu jaraknya sangat jauh? Perjalanan para majus itu sangat jauh, penuh ancaman, bahkan mereka harus menghadapi ganasnya padang gurun. Dengan medan perjalanan yang sedemikian ganas, apakah mereka benar-benar hebat sehingga hanya datang bertiga saja? Besar kemungkinannya, para majus itu datang serombongan!

DARI http://www.renungan-spirit.com

1 komentar:

  1. Alkitab sama sekali tidak pernah mencatat bahwa para majus itu berjumlah tiga orang

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.