Ads Top

Apakah Yesus Lahir Tanggal 25 Desember?


Yesus lahir pada tanggal 25 Desember, itu sebabnya kita memperingati dan merayakan Natal untuk menyambut kelahiranNya. Yang menjadi pertanyaan adalah, benarkah petugas catatan sipil dan kependudukan mencatat bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 Desember?

Jika kita memperhatikan dengan seksama apa yang dicatat Lukas 2:8, maka besar kemungkinan Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember. Lukas mencatat bahwa pada saat itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Sebagaimana kita tahu bahwa bulan Desember di Palestina adalah musim dingin. Jadi apakah mungkin para gembala itu tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka di malam yang dingin dan bersalju? Tentu tidak, bukan?

Lalu mengapa dari tahun ke tahun orang Kristen memperingati natal di tanggal 25 Desember? Sebenarnya semula tanggal 25 Desember merupakan hari perayaan besar bangsa Yunani untuk menyambut kembalinya matahari ke belahan bumi bagian utara. Lalu orang-orang Kristen pada abad mengadopsi tanggal tersebut untuk merayakan natal.

Beberapa ahli sejarah memprediksi bahwa Yesus lahir pada bulan Oktober? Benarkah itu? Namanya juga prediksi. Bisa dipercayai bisa juga tidak. Kapan Yesus lahir sebenarnya tidak begitu perlu dipermasalahkan. Kapan tepatnya Yesus lahir itu tidak perlu diperdebatkan, yang penting faktanya Yesus lahir ke dunia ini untuk menjadi Juru Selamat. Justru kapan Yesus lahir di dalam hati kita, itulah pertanyaan penting yang perlu kita jawab! Karena jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan hidup kita! 

http://www.renungan-spirit.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.